Perhatian: Artikel ini akan tetap diperbarui jika ada informasi terkini

Buah Lahung | Foto: Hanani

Flora – Buah durian atau Duren (Durio zibethinus) sudah sejak lama ditasbihkan orang di Asia Tenggara sebagai Raja Buah (King of Fruit). Sebagai buah asli dataran Asia Tenggara, maka durian dengan mudah ditemukan di Indonesia dan sekitarnya.

Inilah Buah Lahung (Disebut Durian Merah), durian Lahung ini tidak seekonomis buah durian kebanyakan, karena kurang laku di pasaran walau rasanya relatif cukup enak tetapi isi buah sedikit sekali, lebih banyak kulit buah ketimbang isi buah sehingga kurang diminati.

Akibat kurang ekonomis maka buah itu hampir tak ada seorangpun yang ingin membudidayakannya, apalagi jenis tanaman ini mungkin berusia ratusan tahun baru berproduksi.

Nama Ilmiah Buah Lahung

Nama Umum: Lahung
Nama Latin: Durio Dulcis

Klasifikasi Buah Lahung

Kingdom : Plantae
Ordo        : Malvales
Famili      : Malvaceae
Genus      : Durio
Spesies   : Durio Dulcis

Fakta Menarik Buah Lahung

Nama “Durian Lahung” dikenal di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, sedangkan di Kalimantan Barat lebih dikenal dengan nama “Tembranang”. Memiliki penampilan yang unik dan menarik, karena warna kulit buahnya yang merah menyala dan durinya yang panjang. Jika dikawin silangkan dengan jenis-jenis durian lainnya, tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan jenis kultivar unggul.

Tampak Pohon Buah Lahung yang Cukup Besar | Foto: Blacan.com

Pohon Durian Lahung ini merupakan tumbuhan dataran rendah endemik yang hanya ada di pulau Kalimantan saja, dan tidak ada di tempat-tempat lain di Indonesia. Lahung merupakan jenis pohon yang sudah di tanam sejak zaman dahulu, sehingga saat ini jenis batangnya sudah sangat besar dan banyak di tebang untuk diambil kayunya.

Harga buah Durian Lahung ini, lebih murah dari harga buah Durian Karatongan, karena daging buahnya tipis, rasanya agak hambar, dan juga banyak orang yang tidak menyukai bau dari buah Durian Lahung ini. Beberapa orang berpendapat bahwa bau dari buah ini mirip seperti bau “Lahung”. Dalam bahasa Banjar (Kalimantan Selatan) “Lahung” berarti “wts”. Jadi seperti bau parfum wts begitulah menurut pendapat mereka.

Tampak Buah Lahung Sebelum Dipetik | Foto: Blacan.com

Cara mengupas Buah Lahung dengan dipenggal secara melintang. Bila ditanam pada tempat yang lebih tinggi akan terjadi penurunan kualitas, berada pada tanah dengan pH netral dengan drainase baik. Selain itu, masyarakat Kalimantan juga menyebut durian ini dengan julukan “The King of Pruits” karena bentuknya yang sangat unik, hampir menyerupai rambutan jumbo tapi masih dalam kategori durian. Semoga tetap lestari.

Lihat juga: Kandungan dan Manfaat Tanaman Legend “Buah Rambusa”

2 thoughts on “The King Of Fruits – Durian Merah Lahung Asli Indonesia Terancam Punah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *