Lahung (Disebut Durian Merah) Asli Kalimantan, Indonesia

Buah durian atau Duren (Durio zibethinus) sudah sejak lama ditasbihkan orang di Asia Tenggara sebagai Raja Buah (King of Fruit). Sebagai buah asli dataran Asia Tenggara, maka durian dengan mudah ditemukan di Indonesia dan sekitarnya.

Inilah Buah Lahung (Disebut Durian Merah), durian Lahung ini tidak seekonomis buah durian kebanyakan, karena kurang laku di pasaran walau rasanya relatif cukup enak tetapi isi buah sedikit sekali, lebih banyak kulit buah ketimbang isi buah sehingga kurang diminati.

Akibat kurang ekonomis maka buah itu hampir tak ada seorangpun yang ingin membudidayakannya, apalagi jenis tanaman ini mungkin berusia ratusan tahun baru berproduksi.


Pohon buah ini biasanya lebih besar dan tinggi dibandingkan dengan pohon durian kebanyakan, dan memiliki garis tengah yang besar, akibat besar maka banyak yang memanfaatkan pohon ini bukan untuk mengambil buahnya justru menebang untuk mengambil kayunya.

Apalagi belakangan kayu hutan mulai susah dicari sehingga banyak warga menebang pohon ini untuk dibuat papan dan kayu olahan lainnya karena jenis kayu ini cukup berkualitas untuk olahan kayu.

Kalimantan memang kaya akan buah rimba, dan belakangan buah rimba itu mulai bermunculan ke pasaran di Kota Banjarmasin. Buah rimba Kalsel itu, seperti mundar, kalangkala, kapul, ramania, mentega,tiwadak, kasturi, katapi suntul, hambawang, asam pulasan (putar), binjai, rambai, manggis, dan beberapa jenis lagi yang lain.

Maka tak heran, masyarakat Kalimantan juga menyebut durian ini dengan julukan “The King of Pruits” karena bentuknya yang sangat unik, hampir menyerupai rambutan jumbo tapi masih dalam kategori durian.

Kalau di daerah sahabat buah ini namanya apa?

Referensi:
[] https://goo.gl/a8EJHR
[] https://goo.gl/oFSpuA 

One thought on “The King of Fruits – Durian Merah (Lahung) Asli Kalimantan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *