Dikutip dari situs resmi Kitabisa.com

Revisi terakhir per tanggal 1 Juni 2018

Kitabisa.com (“Situs”) dikelola oleh PT. KITA BISA INDONESIA bersama dengan YAYASAN KITA BISA (“Kami”). 
Dengan mengunjungi dan/atau menggunakan platform Kitabisa.com, maka baik pengunjung maupun pengguna (“
Anda”) dinyatakan telah memahami dan menyepakati semua
isi dalam syarat dan ketentuan di bawah ini.
Apabila Anda sebagai pengguna situs tidak menyetujui salah satu,sebagian atau
seluruh isi syarat dan ketentuan ini, maka Anda tidak diperkenankan untuk
menggunakan layanan di situs kami.
Kami menyediakan layanan Penggalangan Dana dalam jaringan (online crowdfunding) kepada pengguna baik melalui web maupun aplikasi mobile (“Platform”) berdasarkan Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) No. 1192/HUK-PS/2017
tentang izin Penyelenggaraan Pengumpulan Sumbangan Kepada Yayasan Kita Bisa
untuk berbagai bentuk Penggalangan Dana.
Kami berhak atas kebijakan untuk mengubah atau memodifikasi sebagian atau keseluruhan dari isi syarat dan ketentuan ini setiap saat, artinya aturan yang berlaku pada halaman ini dapat berubah sewaktu-waktu secara sepihak oleh kami, apabila hal tersebut terjadi maka kami akan mencoba memberikan pemberitahuan kepada seluruh pengguna situs, bisa melalui email, sosial media kami, maupun melalui situs ini secara langsung.
Aturan yang baru akan mulai berlaku setelah pemberitahuan sudah terpublikasikan atau terkirim ke seluruh pengguna situs Kitabisa. Kesepakatan di atas tidak berlaku apabila terdapat perubahan karena alasan hukum negara Indonesia, syarat dan ketentuan pada situs ini akan berubah menyesuaikan dengan peraturan pemerintah yang berlaku.
Pengguna situs sangat dianjurkan untuk membaca dengan seksama segala ketentuan di bawah ini karena akan berdampak kepada hak dan kewajiban sebagai pengguna situs ini. Pertanyaan lainnya seputar Kitabisa dapat dibaca di halaman FAQ atau anda menanyakan langsung kepada kami di support@kitabisa.com.

Ketentuan Umum

A. Definisi 

Dalam Syarat dan Ketentuan ini yang dimaksud dengan:
1.1 Akun adalah suatu pengaturan (arrangement) antara Penyedia Platformdengan Pengunjung Platform atau Pengguna Platform berdasarkan mana Pengunjung Platfrom atau Pengguna Platform diberikan akses oleh
Penyedia 
Platform terhadap fitur-fitur Platform setelah melakukan pendaftaran
data pribadi, nama pengguna (
username) dan kata sandi (password).


1.2 
BANI adalah singkatan dari Badan Arbitrase Nasional Indonesia,
suatu lembaga arbitrase yang berbentuk perkumpulan berbadan hukum
melaui akta No.23 tanggal 14 Juni 2016, yang dibuat di hadapan Ny.Hj.Devi Kantini Rolaswati, SH, M.Kn, Notari di Jakarta,yang telah mendapat persetujuan dari Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan surat keputusan No.AHU-0064837.AH.01.07.Tahun 2016, tanggal 20 Juni 2016, berikut perubahannya.


1.3 
Beneficiary adalah:
i.  Pihak yang merangkap sebagai 
Campaigner dan terdaftar dalam Platform; atau ii. Pihak lain selain Campaigner yang adalah individu, kelompok, badan usaha atau badan hukum, yang menerima manfaat (beneficiary) atas Dana dari suatu Campaign.
1.4 Dana adalah sumbangan atau donasi (donation) yang dinyatakan dalam mata uang Rupiah.


1.5 
Dompet adalah dompet elektronik (electronic wallet) pada Platform yang disediakan
oleh Penyedia 
Platform sebagai layanan keuangan elektronik dalam jaringan untuk melakukan penampungan dan/atau penyaluran Dana.

1.6 
Campaign adalah suatu usaha Penggalangan Dana untuk maksud dan
tujuan tertentu, termasuk, namun tidak terbatas pada, kategori bantuan
medis,atlet dan fasilitas olahraga, infrastruktur, pendidikan dan beasiswa,
difabel, umrah dan haji, panti asuhan dan rumah ibadah, baik dengan
maupun tanpa janjian imbalan (
reward).
1.7 Campaign Acak adalah Campaign yang dipilih secara acak (random campaign)
berdasarkan diskresi penuh Penyedia Platform untuk menerima hasil Penggalangan Dana suatu Campaign lainnya dalam keadaan-keadaan tertentu.

1.8 
Campaigner adalah individu, kelompok, badan usaha atau badan hukum
yang menggunakan fasilitas Penggalangan Dana pada 
Platform untuk sebuahCampaign tertentu dan bertanggung jawab atas Pelaksanaan Campaign yang bersangkutan.
1.9 Donatur adalah individu, kelompok, badan usaha maupun badan hukum yang melakukan pendaftaran ke Platform untuk mendukung Campaign dengan menyalurkan Dana.
2.0 Fundraiser adalah seseorang atau organisasi yang menyatakan dukungan terhadap suatu campaign yang dibuat oleh campaigner dalam bentuk pembuatan halaman campaign baru yang terhubung dengan campaign utama. Dana yang masuk dari halaman fundraiser akan masuk di campaign utama.
2.1 Konten adalah segala jenis materi dan/atau muatan yang dibuat dan/atau diunggah ke dalam Platform secara mandiri oleh Pengguna Platform (user generated content) dan bukan oleh Penyedia Platform.
2.2 Konten Yang Dilarang adalah segala jenis materi dan/atau muatan yang melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan.
2.3 Laporan adalah pemberitahuan yang disampaikan oleh Pengunjung Platformdan/atau Pengguna Platform kepada Penyedia Platform tentang telah atau sedang
atau diduga akan terjadinya peristiwa pelanggaran Syarat dan Ketentuan.
2.4 Mitra Pencairan Dana adalah bank yang bekerjasama dengan
Penyedia Platform dalam rangka memfasilitasi Pencairan Dana.
2.5 Pelaksanaan Campaign adalah tahap perwujudan atau realisasi
dari maksud dan tujuan sebuah 
Campaign dengan menggunakan hasil
Penggalangan Dana yang bersangkutan secara bertanggung jawab.
2.6 Pencairan Dana adalah tindakan Penyedia Platform mengalihkan (transfer) Dana yang terkumpul dalam:i. Dompet atas nama Donatur, kepada rekening asal Donatur; atauii. Dompet atas nama Campaigner atau Penerima Manfaat, ke rekening tujuan yang telah          ditunjuk Campaigner atau Penerima Manfaat pada saat pendaftaran yang dilakukan atas permohonan (request) Donatur, Campaigner atau Penerima Manfaat.

2.7 Penggalangan Dana adalah proses pengumpulan Dana dari masyarakat
dalam rangka pembangunan di bidang kesejahteraan sosial, mental, agama,
kerohanian, kejasmanian dan kebudayaan.
2.8 Pengguna Platform terdiri dari CampaignerCampaignerdan/atau Beneficiary, baik secara langsung maupun tidak langsung, sebagaimana berlaku.
2.9 Pengunjung Platform adalah pihak yang mengakses, membuka, dan memperoleh informasi dari Platform.
3.0 Platform adalah wadah berupa aplikasi, situs internet dan/atau layanan lainnya berbasis internet yang digunakan untuk transaksi dan/atau fasilitasi Penggalangan Dana melalui sistem elektronik yang dikelola dan disediakan oleh PT KITA BISA INDONESIA dan/atau YAYASAN KITA BISA, termasuk, namun tidak terbatas pada situs Kitabisa.com.
3.1 Pengaduan adalah Laporan yang disertai permintaan kepada Penyedia Platform untuk memeriksa Pengguna Platform yang telah atau sedang atau diduga melakukan pelanggaran Syarat dan Ketentuan.
3.2 Penyedia Platform adalah PT KITA BISA INDONESIA dan YAYASAN KITA BISA yang menyelenggarakan program Penggalangan Dana dalam jaringan (online crowdfunding) berdasarkan Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia No.1192/HUK-PS/2017 tentang Izin Penyelenggaraan Pengumpulan Sumbangan Kepada Yayasan Kita Bisa Di Jakarta Selatan tanggal 5 Desember 2017.
3.3 Syarat dan Ketentuan adalah syarat dan ketentuan penggunaan Platform yang ditetapkan dan dapat diubah sewaktu-waktu oleh Penyedia Platform serta mengikat bagi Pengunjung Platform dan/atau Pengguna Platform.
3.4 Update adalah fitur yang terdapat pada halaman campaign yang difungsikan untuk setiap campaigner agar dapat memberikan pemberitahuan kepada seluruh donatur melalui email secara otomatis mengenai keadaan terbaru campaign, penggunaan dana maupun hal lainnya.
3.5 Verifikasi adalah tindakan pemeriksaan kebenaran dan kelengkapan yang dilakukan oleh Penyedia Platform terhadap Akun, Konten dan/atau Pencairan Dana yang didaftarkan, diunggah dan/atau dimohonkan oleh Pengguna Platform, atau untuk keperluan lainnya berdasarkan diskresi penuh Penyedia Platform.

One thought on “Syarat & Ketentuan Berdonasi di Kitabisa.com”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *