Tempo Doeloe – Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarahnya sendiri. Indonesia memiliki sejarah yang panjang, namun minim sekali dokumentasi yang dimiliki sehingga banyak memori sejarah yang terlupakan.

Mirisnya lagi Belanda, negara yang pernah menjajah negeri ini selama berabad-abad, malah memiliki arsip lengkap tentang Indonesia. Mereka memiliki foto-foto Indonesia tempo dulu dan salah satunya adalah foto-foto kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Dahulunya Surabaya merupakan pelabuhan gerbang utama Kerajaan Majapahit. Letaknya yang dipesisir utara Pulau Jawa membuatnya berkembang menjadi sebuah pelabuhan penting di zaman Majapahit pada abad ke – 14.

Berlanjut pada masa kolonial, letak geografisnya yang sangat strategis membuat pemerintah Kolonial Belanda pada abad ke – 19, memposisikannya sebagai pelabuhan utama yang berperan sebagai collecting centers dari rangkaian terakhir kegiatan pengumpulan hasil produksi perkebunan di ujung Timur Pulau Jawa, yang ada di daerah pedalaman untuk diekspor ke Eropa.

Berikut beberapa dokumentasi Surabaya Tempo Doeloe Volume I:

Baca juga: Lombok Tempo Doeloe

Semoga kehadiran video singkat ini bisa bermanfaat dan menjadi pelajaran kita bersama untuk belajar sejarah. Terima kasih.

Referensi Tambahan:
[/] Sejarah Kota Surabaya /14/03/2019

2 thoughts on “Surabaya Tempo Doeloe”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *