Foto gajah tragis ketika melintas 27/09/19 di jalur kereta api sekitar distrik Dhubri India | Referensi foto: India Today

Satwa – Sebenarnya jalur kereta ini merupakan kawasan hutan dengan ragam fauna di dalamnya khususnya gajah. Nah, di kawasan tepat kejadian ini merupakan lokasi penyebrangan kawanan gajah liar.

Awal pembangunan jalur kereta api ini dari awal memang penuh kontroversi. Banyak masyarakat dan aktivis yang menolak tapi karena politik jalur ini tetap di kerjakan. Sejak baru dibangun jalur kereta ini sudah memakan banyak korban, mulai dari gajah, harimau dan banyak satwa yang tertabrak, tak jarang mereka luka-luka bahkan mati tragis.

Oleh karena itu pihak kereta api sempat membuat aturan untuk mengurangi kecepatan kereta di sekitar area ini, yang semula bebas menjadi maksimal 25 km / jam. Namun 2015 – 2016 melihat kecelakaan satwa menurun ditingkatkan lagi menjadi 50 km / jam di siang hari.

Menurut data yang di infokan India Today, khusus gajah dari tahun 2013 hingga juni 2019 total 67 gajah terlindas kereta api di kawasan ini, di tambah satu lagi di tanggal 27 september 2019 jam 08:30 pagi, sehingga menjadi 68 gajah yang menjadi korban.

Nama kreta api yang menabrak, Intercity Express 75741 SGUJ-DBB, melaju dari Siliguri – Dhubri, antara Banarhat dan Nagrakata berada di rute sekitar distrik Jalpaiguri di Bengal Barat, India.

Semoga dengan kejadian ini ada solusi, karena sangat miris melihat satwa ini jika terus menjadi korban. Mereka tidak punya akal jadi tidak bisa seperti manusia, hewan tetaplah hewan justru manusialah yang merenggut habitatnya.

Update terkini

Baca juga: Unik! Pulau Ular (Snake Island) Ada di Bima NTB Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *