Satwa – Sobat, Orangutan di Pulau Sumatera dan Borneo saat ini diperkirakan berjumlah 71.820. Berdasarkan hasil Population and Habitat Viability Assessment (PHVA) orangutan 2016, jumlah itu ada di habitat seluas 17.460.000 hektare.

Data di atas diperkuat berdasarkan analisis Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Baca juga: Kehidupan Baru Oragutan Anjas Setelah Berpisah Dengan Ibu Maisah

Reproduksi

Orangutan betina biasanya melahirkan pada usia 7-10 tahun dengan lama kandungan berkisar antara 8,5 hingga 9 bulan; hampir sama dengan manusia. Jumlah bayi yang dilahirkan seorang betina biasanya hanya satu. Bayi orangutan dapat hidup mandiri pada usia 6-7 tahun. Kebergantungan orangutan pada induknya merupakan yang terlama dari semua hewan, karena ada banyak hal yang harus dipelajari untuk bisa bertahan hidup, mereka biasanya dipelihara hingga berusia 6 tahun.

Orangutan berkembangbiak lebih lama dibandingkan hewan primata lainnya, orangutan betina hanya melahirkan seekor anak setiap 7-8 tahun sekali. Umur orangutan di alam liar sekitar 45 tahun, dan sepanjang hidupnya orangutan betina hanya memiliki 3 keturunan seumur hidupnya. Di mana itu berarti reproduksi orangutan sangat lambat.

Semoga salah satu satwa endemik Indonesia ini populasinya tetap meningkat dan tetap lestari.

Baca juga: Wisata Safari di Tanjung Puting Dengan Mengarungi Sungai Sekonyer

One thought on “Populasi Orangutan Saat Ini”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *