Perhatian: Postingan ini akan tetap di update jika ada informasi terbaru

Tampak Air Terjun Segenter dari Atas Terlihat Cukup Instagramable | Referensi foto: Sopian Hadi

Wisata – Air Terjun Segenter berada di kawasan Tahura (Taman Hutan Raya Nuraksa). Dimana kawasan Tahura ini berada di Lombok bagian Barat tepatnya di Kecamatan Narmada. Air Terjun ini Sepertinya masih asing di telinga sobat wisata, akan tetapi pesona Air Terjun Segenter pastinya menggugah selera bagi penikmatnya. Air Terjun Segenter memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan debit air stabil dan sangat jernih.

Bukan hanya Air Tejun, di satu lokasi sobat akan menjumpai “Kebun Binatang Mini” dengan spot selfie di Rumah Pohon, “Gua Pengkoaq” di bawahnya di aliri mata air yang tidak pernah keruh serta suasana asrinya hutan yang masih sangat terjaga.

Menurut salah satu narasumber kami, di kawasan Tahura ini memiliki lebih dari satu Air Terjun dan Curug, ada sekitar lima Air Terjun dan Curug. Namun masih belum dibuka, yang dibuka hanya Air Terjun Segenter saja. Air Terjun Segenter ini sangat spesial pasalnya di sekitar kawasan Kota Narmada hanya ada satu Air Terjun yaitu Air Terjun Segenter ini saja (Ada beberapa Curug di Kampung Sesaot dan Kampung Pesantek namun cukup kecil berkisar 2 sampai 3 meter saja).

Skor untuk Wisata Air Terjun Segenter

Dari 100% poin, setelah kami perhitungkan Wisata Air Terjun Segenter mendapatkan skor: 92% dan sangat kami rekomendasikan.

Keterangan: Hasil skor kami analisis berdasarkan keindahan tempat wisata, hasil survey pemandu wisata di lapangan dan faktor-faktor lainnya.

Kilas Balik Air Terjun Segenter

Sejarah Air Terjun Segenter

Air Terjun Segenter di ambil dari nama hutan di kawasan tersebut yaitu “Hutan Segenter”. Dahulunya kawasan hutan tersebut belum sepopuler sekarang, belum ada di website dan lain-lain. Namun di rekapitulasi Pemerintah Daerah Lombok Barat bagian Pariwisata, kawasan tersebut masuk ke kawasan “Taman Hutan Raya Nuraksa”. Masyarakat sekitarpun belum tahu-menahu nama tersebut namun sejak pemerintahan Belanda memang kawasan tersebut dinamai “Hutan Segenter”. Masyarakat sekitar baru mengetahui nama ” Taman Hutan Raya Nuraksa” sekitar tahun 2015-2016 lalu.

Karena berada di daerah Dusun / Kampung Kumbi jadi kita perlu mengetahui sejarah Dusun Kumbi dikarenakan Kawasan Segenter berkaitan dengan Dusun Kumbi. Menurut salah satu narasumber kami, Dusun Kumbi sendiri pertama dijadikan kawasan tempat tinggal sekitar tahun 1930an pada masa penjajahan Belanda oleh seorang tokoh masyarakat di sana bernama “Salam / Selam / Amaq Sal“, beliau mengatakan hidup pada masa penjajahan Belanda dan Jepang, umur beliau sekarang lebih dari 100 tahun, sampai 2019 masih sehat dan segar. Beliaulah yang pertama mendirikan tempat tinggal disana sekaligus Masjid pertama dalam bangunan kayu, tepatnya di Makam Kumbi dekat jalan (dahulu merupakan tempat berdirinya Masjid pertama sebelum di waqaf menjadi Makam umum). Menurut beliau saat kami wawancara nama Kumbi sendiri di ambil dari nama tanaman lokal disana. Karena kawasannya yang sangat indah dan terdapat hutan lebat maka diberilah nama Hutan Segenter sekaligus nama Air Terjun di kawasannya. Kira-kira begitu sejarah singkat lokasi Air Terjun Segenter.

Mitos Air Terjun Segenter

Menurut masyarakat sekitar Air Terjun Segenter sejatinya sarat akan mitos, berkunjung ke air terjun ini sobat di larang berbuat hal-hal yang melanggar aturan termasuk norma agama seperti contohnya berkata kasar atau berbuat mesum. Jika hal-hal tidak baik tersebut dilakukan maka setelah pulang sobat akan merasakan ketidak tenangan.

Selain itu menurut tokoh masyarakat sekitar, dahulu kita bisa mendaki Gunung Rinjani melewati Hutan Segenter, namun sekarang jalannya sudah tertutup karena tidak perah dilalui seperti dahulu. Beliau juga mengatakan di kawasan Gua Pengkoaq dahulunya merupakan tempat suci, jika beruntung kita bisa menemukan harta karun di dalam Gua Pengkoaq, karena beliau pernah melihat harta karun berupa Ceret Emas pada masa penjajahan Belanda, namun beliau tidak mengambilnya. Kira-kira itu mitologinya, bukan tanpa sebab mitologi ini ada namun kita harus menghargai guna menerapkan norma dan tanggung jawab sebagai penikmat wisata.

Info Lengkap Wisata Air Terjun Segenter

Lokasi Lengkap Air Terjun Segenter

Alamat: Air Terjun Segenter (Kawasan Hutan Nuraksa), Dusun Kumbi, Desa Pakuan, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Tampak Air Terjun Segenter

Baca juga: Bukan Fatamorgana Beginilah Suasana Ketika Bunga Bersemi di Kawah Wurung

Rute menuju Air Terjun Segenter

Ada dua opsional rute menuju Air Terjun cantik ini, sbb:

RUTE DARI KOTA MATARAM

  • Dari Kota Mataram sobat bisa langsung menuju Kota Narmada, dengan jarak perjalanan mencapai 13 km. Sedangkan dari Kota Narmada menuju Air Terjun Segenter mencapai 20 km. Lumayan jauh tetapi akan terbayar dengan keindahan Air Terjun Segenter.
  • Setelah sampai Narmada, masuk belok ke kiri dipertigaan lampu merah
  • Lurus hingga menuju Desa Selat – Desa Suranadi – Desa Sesaot – Kampung Gontoran – Kampung Pesantek – Desa Pakuan – Kampung Gubuk Baru
  • Setelah sampai Kampung Gubuk Baru sobat akan menemukan pertigaan lagi yang tepat di sisi kiri ada kios, kemudian lurus ikuti jalan aspal hingga ke penurunan
  • Nah di penurunan sobat akan menemukan pertigaan Dusun Kumbi Di pertigaan tersebut ada Pelang dan papan petunjuk menuju Air Terjun Segenter
  • Kemudian lurus saja sampai ketemu pertigaan lagi, setelah itu ada Pelang “Kawasan Hutan Nuraksa Dusun Kumbi” masuk ke sana.
  • Di gerbang tersebut sobat akan menemukan loket untuk bayar karcis
  • Kemudian lanjut jalan ke timur sekitar 7 km, barulah sampai di Air Terjun Segenter
  • Setelah sampai lokasi Pelang Air Terjun sobat akan mendengar gemercik aliran Air Terjun yang hanya berjarak sekitar 200 meter
  • Setelah memarkir kendaraan, selanjutnya sobat akan berjalan lagi menuruni tangga sekitar 100 anak tangga lebih untuk sampai ke lokasi Air Terjun Segenter.

RUTE DARI LOMBOK TENGAH

  • Sobat bisa langsung menuju Desa Pemepek lurus ke barat menuju Pasar Keru
  • Setelah sampai Pasar Keru sobat masuk ke persimpangan, lurus menuju Desa Sedau – Desa Lebah Sempage hingga tiba di Kampung Pesorongan Jukong
  • Nah di penurunan sobat akan menemukan pertigaan Dusun Kumbi Di pertigaan tersebut ada Pelang dan papan petunjuk menuju Air Terjun Segenter
  • Lurus saja sampai ketemu pertigaan lagi, setelah itu ada Pelang “Kawasan Hutan Nuraksa Dusun Kumbi” masuk ke sana
  • Di gerbang tersebut sobat akan menemukan loket untuk bayar karcis
  • Kemudian lanjut jalan ketimur sekitar 7 km, barulah sampai di Air Terjun Segenter.

Karena Air Terjun ini masih alami dan berada di kawasan hutan jadi peta lokasinya cukup sulit, sinyal handphone pun minim.

Berikut peta lokasinya:

Lihat juga: Indahnya Pantai Soge Laksana Mutiara Tersembunyi di Pulau Jawa

Tiket Masuk Menuju Air Terjun Segenter

  • Sobat akan bayar karcis di loket pertam sebesar, Rp5.000,00 / orang
  • Khusus anak-anak di bawah 5 tahun GRATIS!
  • Biya parkir Motor, Rp5.000,00 unit dan parkir Mobil, Rp10.000,00 / unit

Fasilitas di Air Terjun Segenter

  • Warung jajanan buka hanya hari minggu (menyediakan aneka snack, mie rebus, air mineral, kopi dll)
  • Tempat duduk / gazebo, tempat berteduh, kalau orang Lombok bilang Berugak
  • Ruang ganti pakaian / toilet

Destinasi Air Terjun Segenter

Gua Pengkoaq, bisa di tempuh dengan berjalan kaki dari bagian atas Air Terjun, sekitar 700 meter, sobat akan melewati hutan lebat (kami sarankan menggunakan pemandu biar aman)

Baca juga: Rute dan Tiket Masuk Terbaru Menuju Curug Love (Leuwi Cateng) Bogor

Penginapan di Kawasan Air Terjun Segenter

Untuk penginapan berupa Villa atau Hotel tidak tersedia disini, untuk Hotel hanya ada di Kota Mataram. Namun, jika sobat ingin menginap bisa hubungi pak “Kepala Dusun Kumbi” atau petugas jaga di kawasan Air Terjun Segenter biasanya nanti di kasih sewa kamar untuk beristrirahat dan mengenai tarif kemungkinan seikhlasnya, karena masyarakat di sana ramah dan baik.

Galery Seputar Air Terjun Segenter

Galery I : Air Terjun Segenter

Galery II : Menuju Gua Pengkoaq (Kawasan Air Terjun Segenter)

Galery III : Beberapa Foto di Sekitar Kawasan Air Terjun Segenter

Tips Berkunjung ke Air Terjun Segenter

  • Datanglah bersama teman-teman atau berkelompok, karna lumayan jauh
  • PENTING! Datanglah di hari Minggu, karena pos penjagaan hanya buka hari Minggu saja, begitupun pedagang sekitar Air Terjun kecuali hari-hari tertentu. Karena kalau hari biasa menurut kami kurang aman, tidak ada yang jaga kendaraan dll (Perlu di ketahui bahwa Air Terjun Segenter belum dikelola secara maksimal / masih dalam tahap pengembagan)
  • Datang saat musim kemarau, karena debit air akan stabil dan semakin jernih
  • Bawa uang saku minimal Rp50.000,000 untuk jaga-jaga Isi bahan bakar full, karena jarak tempuh bisa mencapai 30 km dari Kota Mataram
  • Bawa kendaraan yang fit karena jalur menuju Air Terjun cukup menanjak, di aspal hanya setengah, sisanya jalan tanah dan berlubang
  • Jangan bawa perhiasan untuk keamanan
  • Datang di pagi hari lebih bagus

Keritik dan Saran Wisata Air Terjun Segenter

  • Pembangunan ditingkatan lagi
  • Seharusnya sudah ada home stay di sekitar air terjun atau di dusun tempat air terjun ini
  • Jalan menuju air terjun perlu diperbaiki, karena belum semuanya di aspal

Informasi dan Narasumber

  1. Tokoh Masyarakat Dusun Kumbi: Amaq Sal, Selam
  2. Bagian Pamhut (Pengaman Hutan) Tahura: Bapak Muhammad Siddik dan Bapak Diana
  3. Ibu-ibu pedagang di Kawasan Air Terjun Segenter: Ibu Ratnadi dan Kepala Dusun Kumbi: Bapak Saringgih
  4. Galery I oleh: Pamhut (Pengaman Hutan) Tahura: Bapak Muhammad Siddik, Galery II : Oleh: I Wayan Swastika
  5. Beberapa foto dari: Stipak Tahura Camping Ground, Sopian Hadi

Lampiran

Baca juga: Wisata Safari di Tanjung Puting dengan Mengarungi Sungai Sekonyer

27 thoughts on “Pesona Air Terjun Segenter Bak Serpihan Surga yang Tertinggal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *