Wisata – Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada dalam gugusan Sunda Kecil dan termasuk dalam Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi yang biasa disingkat NTT ini memiliki 21 Kabupaten/Kota.

Di awal kemerdekaan Indonesia, kepulauan ini merupakan wilayah Provinsi Sunda Kecil. yang beribukota di kota Singaraja, kini terdiri atas 3 provinsi (berturut-turut dari barat): Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Setelah pemekaran, Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tenggara Indonesia. Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau, antara lain Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor, Pulau Lembata, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Komodo dan Pulau Palue. Ibukotanya terletak di Kupang, di bagian barat pulau Timor.

Provinsi ini terdiri dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Flores, Pulau Sumba dan Pulau Timor Barat (biasadipanggil Timor).

Provinsi ini menempati bagian barat pulau Timor. Sementara bagian timur pulau tersebut adalah bekas provinsi Indonesia yang ke-27, yaitu Timor Timur yang merdeka menjadi negara Timor Leste pada tahun 2002.

Lalu bagaimana dengan destinasi wisatanya?

Seperti yang kita ketahui bahwa NTT menjadi bagian terpenting dalam pemasukan devisa negara dikarenakan destinasi wisatanya yang mencuat hingga ke pelosok dunia. Salah satunya Pantai Pink di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo. Pantai Pink sangat populer, namun banyak orang yang mempertanyakan-

Baca juga: Handara Golf & Resort Bali Tersohor Hingga ke Mancanegara

Kenapa sih Pantai Pink di Pulau Komodo kadang Pink banget kadang biasa saja?

Pertanyaan di atas memang lumrah, tapi perlu diketahui bahwa Pantai Pink ini memang benar adanya, biasanya di musim kemarau akan terlihat sangat Pink.

Pantai ini akan menyesuaikan diri terhadap iklim yang sedang berlangsung. Jika beruntung sahabat akan melihat pantai ini sangat Pink. Pertumbuhan Ganggang merah di pantai ini sangat berperan dalam distribusi warna Pink, karena sejatinya pantai ini bukan pasirnya yang berwarna Pink tapi endapan karang, ganggang dan tumbuhan laut lainnya yang membaur sehingga terlihat berwarna Pink.

Ini hanya satu Pantai Pink, mungkin saja di daerah lainnya terdapat Pantai Pink lainnya karena Indonesia sangat kaya akan potensi wisata yang tidak ada habisnya. Semoga tetap lestari.

Lokasi: Pantai Pink / Pantai Merah, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Baca juga:Pesona Keindahan JLA (Jalan Lingkar Ambarawa) Viral di Media Sosial

3 thoughts on “Pantai Pink Pulau Komodo Kok Bisa Pink? Berikut Jawabannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *