Perhatian: Informasi di postingan ini akan tetap di update jika ada informasi terbaru

Tangga Eksotis di Pantai Buyutan Viral di Media Sosial Instagram karena Desainnya Ala-Ala Korea

Wisata – Pantai Buyutan merupakan salah satu pantai yang berpasir putih di Pacitan, pantai ini masih tergolong alami karena jauh dari pusat perkotaan. Memiliki formasi bebatuan karst membuatnya semakin terlihat indah, karena di sepanjang tebing terlihat berwarna putih ditambah tumbuhan hijau menghiasi bebatuan karst tersebut. Pantainya biru nan cantik, bisa dikatakan pantai ini bebas dari sampah alias sangat bersih.

Selain itu di sekitar area pantai akan di jumpai segerombolan Monyet yang membuktikan bahwa tempat ini masih sangat alami lengkap dengan flora dan faunanya. Berkunjung ke Pantai Buyutan sobat tidak perlu takut kepanasan karena cukup banyak pepohonan rindang ditambah saat ini banyaknya gazebo dan fasilitas pendukung lainnya.

Dahulu sobat akan menuruni jalan setapak menuju area pantai yang belum terlalu bagus, namun saat ini sudah ada tangga cantik dan lebar, desainnyapun menyerupai ala-ala korea. Nah, tangga inilah yang menjadi daya tarik tersendiri Pantai Buyutan saat ini sehingga viral di media sosial instagram. Baiklah tanpa lebar kali panjang berikut kami bahas mengenai skor untuk pantai ini, alamat lengkap, rute, tiket masuk terbaru tis dll.

Skor untuk Pantai Buyutan

Dari 100% poin, kami perhitungkan Wisata Pantai Buyutan mendapatkan skor: 93% dan sangat kami rekomendasikan.

Keterangan: Hasil skor kami analisis berdasarkan keindahan tempat wisata, hasil survey pemandu wisata di lapangan dan faktor-faktor lainnya.

Mitologi Pantai Buyutan

Pantai Buyutan memang tak lepas dari berbagai mitos yang berkembang, salah satunya adalah keberadaan Batu Karang di sekitar Pantai Buyutan yang menyerupai Mahkota. Konon, Mahkota tersebut merupakan penjelmaan Mahkota Dewa Narada yang terjatuh dari langit ke tujuh menuju Pantai Buyutan. Oleh karena itu, jangan heran di sekitar pantai banyak di temui segerombolan Monyet, namun tidak perlu khawatir Monyet tersebut tidak mengganggu jika tidak di ganggu. Sangat indah memang dari segi mitos dan keasrian pantai ini menjadi daya tarik tersendiri hingga saat ini.

Lokasi Lengkap Pantai Buyutan

Alamat: Pantai Buyutan, Desa Widoro, Bolo, Kalak, Donorejo, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia

Lihat juga: Pesona Air Terjun Segenter Bak Serpihan Surga yang Tertinggal

Rute Menuju Pantai Buyutan

  • Rute menuju Pantai Buyutan kami ulas mulai dari Pacitan, bisa ditempuh sekitar 45 menit
  • Setelah sampai Pertigaan sekitar Masjid Agung Punung dekat SPBU Punung
  • Ikuti jalan menuju Gua Gong, di sekitar sana akan terlihat papan petunjuk atau rambu-rambu lalu lintas, kemudian pilih jalur menuju Kalak
  • Sobat akan sampai di Perempatan Balai Desa Kalak, ambil aah ke kiri sobat akan melewati Pasar Kalak
  • Di sekitar pasar sobat akan menjumpai pertiaan lagi, kemudian ambil arah ke kanan menuju Desa Widoro
  • Lurus terus hingga sobat menjumpai papan petunjuk atau rambu-rambu lalu lintas menuju Pantai Buyutan
  • Ikuti terus jalurnya, sobat akan melewati persawahan warga kemudian sampai di “Pantai Buyutan”.

Berikut peta lokasinya:

Tiket Masuk Terbaru Menuju Pantai Buyutan

Pantai ini dahulunya kadang ada tiket masuknya kadang tidak ada juga, namun seiring perkembangan fasilitas dan lain-lain, maka dibuatlah tiket masuknya sebagai berikut:

  • Dewasa, Rp5.000,00 / orang
  • Anak-anak, Rp3.000,00 / orang

Keterangan: Harga tiket di atas sudah termasuk parkir dan bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung ketentuan pengelola tempat wisata.

Fasilitas di Pantai Buyutan

  • Spot Mahkota Dewa Narada: Seperti yang sudah di jelaskan di bagian mitologi, di Pantai Buyutan terdapat batu karang yang menyerupai Mahkota Dewa, nah disanalah spot berfoto yang bagus
  • Bukit Karang: Di tempat ini sobat wisata biasanya berkemah, karena terdapat sabana yang cukup luas
  • Terdapat Mata Air: Di sekitar pantai terdapat mata air yang dapat dimanfaatkan pengunjung yang berkemah atau kehabisan minuman saat berkunjung
  • Spot berenang di pinggir patai: Datang bersama keluarga, teman-teman dan orang tersayang lainnya sangat cocok untuk berenang / bermain di pinggir pantai, di tambah pasir pantainya yang berwarna putih cerah dan bebas dari sampah
  • Komplek Habitat Monyet: Di zaman melenial ini sepertinya berfoto dengan Monyet sangatlah ngehits, dilihat dari feed instagram salah satunya, banyak turis luar yang berkunjung ke Indonesia hanya untuk mengunjungi wisata safari salah satunya “Monkey Forest di Bali”. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan Pantai Buyutan juga tidak kalah ngehits dengan wisata yang ada di Bali
  • Gazebo dan tempat berteduh: Semakin hari fasilitas tetap di upgrade mulai dari tempat duduk dan tempat berteduh buat pengunjung
  • Spot tangga ekostis sperti luar negeri: Pantai Buyutan memang kembali heboh karena adanya tangga eksotis yang dibangun dari atas menuju area pantai. Jadi sengat cocok buat sobat yang senang selfie dengan background yang sangat indah.

Penginapan di Sekitar Pantai Buyutan

Berikut beberapa penginapan di sekitar Pantai Buyutan, sobat bisa memilih berdasarkan budget masing-masing

Tips Berkunjung ke Pantai Buyutan

Berikut tips buat sobat yang ingin berkunjung ke Pantai Buyutan

  • Bawa kendaraan yang fit jangan sampai mogok di tengah jalan
  • Bawa uang saku minimal, Rp40.000,00 untuk jaga-jaga, buat kebutuhan lainnya
  • Datang rame-rame lebih seru, jangan sendirian ya 😀
  • Buat yang ingin berkemah bawa tenda dari rumah, kemudian koordinasi dengan pengelola setempat agar lebih aman
  • Jangan sampai ketinggalan kamera, power bank dan alat rekam lainnya, karena sangat sayang jika tempat seindah ini tidak di abadikan. Selamat berkunjung.

Galery Sekitar Pantai Buyutan

Informasi dan Narasumber

  1. Beberapa isi galery dari: Evan Gepeng, Annisa Furqon Iriyanti, Andrian Antok Thok, Pry Apry, Aan Setiyanto
  2. Sahabat wisata yang pernah berkunjung ke tempat wisata ini: Anggara W. Prasetya

Lihat juga: Pesona Gunung Putri Lembang yang Pernah Menjadi Destinasi Nyonya Belanda

One thought on “Pantai Buyutan disulap Bak Pantai Luar Negeri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *