Perhatian: Postingan ini akan tetap di update jika ada informasi terbaru

Wisata – Mendengar kata Sumatera Utara memang yang melekat di benak kita adalah “Danau Toba”, karena memang wisata tersebut sangat populer akan historis serta keindahannya yang tersohor sampai ke pelosok dunia. Jika melihat dari daftar wisata populer, di Sumatera Utara sendiri setidaknya ada sekitar 56 wisata populer yang merajai pariwisata disana, salah satunya Danau Toba.

Akan tetapi untuk kali ini kami akan membahas wisata lainnya yang tidak kalah indah bahkan keberadaannya mulai diburu wisatawan dunia. Kawasan ini masih dalam satu area Pemandian Alam Rumah Galuh Pelaruga, namun tempat wisata yang akan kami bahas kali ini bernama “Air Terjun Teroh-Teroh dan Kolam Abadi Langkat”. Karena memang tempat wisata ini satu kesatuan, dalam arti hanya berbeda nama saja karena lokasinya juga masih satu area. Tempat wisata ini menyajikan kolam pemandian yang sangat jernih, indah dan menyegarkan. Bahkan jika dilihat dari atas, dasar air di kolam alami tersebut terlihat dengan sangat jelas seperti kristal kaca.

Kolam Abadi Langkat sebenarnya berada di bagian atas, nah di bagian bawahnya terdapat Air Terjun yang dinamakan Teroh-Teroh. Meskipun memiliki nama berbeda namun masih satu aliran, entah kenapa namanya berbeda, namun menurut beberapa narasumber memang ada historisnya tersendiri. Menariknya air terjun ini mulai di bintangi traveller mancanegara, terlihat dari beberapa akun media sosial luar mulai mempublikasikan tempat indah ini. Wah jadi semakin bangga sama Indonesia kita tercinta. Langsung saja kami ulas secara lengkap mengenai skor, historis, lokasi lengkap, rute, tips dll.

Skor untuk Tempat Wisata ini

Dari 100% poin, setelah kami perhitungkan wisata Air Terjun Teroh-Teroh dan Kolam Abadi Langkat mendapatkan skor: 97% dan sangat kami rekomendasikan.

Keterangan: Hasil skor kami analisis berdasarkan keindahan tempat wisata, hasil survey pemandu wisata di lapangan dan faktor-faktor lainnya.

Sejarah dan Mitologi Singkat Kolam Abadi Langkat

Menggali sejarah singkat tempat ini memang kita akan berbalik ke Pelaruga, dimana pada kawasan tempat wisata ini terdapat komunitas pencinta alam yang bernama Pelaruga. Oleh karena itu di namakanlah kawasan ini dengan nama Pemandian Alam Rumah Galuh Pelaruga dimana dalam kawasan tersebut terdapat Air Terjun Teroh-Teroh, Kolam Abadi, Air Terjun Tongkat dan masih banyak lagi. Namun yang akan kita bahas kali ini fokus ke Air Terjun Teroh-Teroh dan Kolam Abadinya saja.

Menurut mitos yang berkembang dan penuturan masyarakat sekitar, konon di aliran air Kolam Abadi ini sejatinya merupakan tempat mandi Bidadari, karena memang air di kawasan ini tidak pernah terlihat keruh. Bahkan jika ada wisatawan yang berkunjung kemudian meninggalkan sampah di kawsan wisata ini maka hidupnya tidak akan tenang dan jomblo seumur hidup.

Namun, apapun mitos dan kepercayaan masyarakat setempat menurut kami itu sangat bagus untuk melestarikan tempat ini dari tangan-tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Lokasi Lengkap Air Terjun Teroh-Teroh dan Kolam Abadi Langkat

Alamat: Air Terjun Teroh-Teroh dan Kolam Abadi Langkat, Jl. Sungai Wampu, Desa Rumah Galuh, Kecamatan Namu Ukur, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Indonesia

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Indoflashlight (@indoflashlight) pada

Lihat juga: Pesona Landscape Pegunungan Cangar Mirip Pedesaan di Swiss

Rute Menuju Air Terjun Teroh-Teroh dan Kolam Abadi Langkat

Tidak sulit menuju lokasi wisata ini, karena dari Kota Medan hanya butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke lokasi, bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

  • Pertama, sobat berangkat dari Medan menuju Kotamadya Binjai
  • Kemudian langsung menuju kecamatan Namu Ukur tepatnya di Desa Rumah Galuh
  • Setelah sampai Rumah Galuh akan ada pelang Pemandian Alam Rumah Galuh Pelaruga
  • Sobat akan trekking menuju lokasi, cukup melelahan namun akan terbayar dengan keindahannya

Peta Lokasi:

Tiket Masuk TERBARU Menuju Air Terjun Teroh-Teroh dan Kolam Abadi Langkat

Sebenarnya untuk tiket masuknya dikenakan, Rp25.000 / orang, mencakup:

  • Air Terjun Teroh-Teroh, Rp25.000 / orang
  • Kolam Abadi, Rp25.000 / orang

Jadi totalnya, Rp50.000 / orang.

Begitupun jika ingin mengunjungi air terjun lainnya di sekitar kawsan ini maka dikenakan tiket masuk Rp25.000 / orang.

Keterangan: Harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas di Kawasan Air Terjun Teroh-Teroh dan Kolam Abadi Langkat

  • Spot kolam renang alami yang sangat jernih seperti kristal kaca
  • Body Rafting (Sobat bisa sewa pelampung)
  • Pemandu lokal, bagi yang butuh arahan lengkap

Penginapan di Kawasan Air Terjun Teroh-Teroh dan Kolam Abadi Langkat

Untuk penginapan di kawsan Air Terjun Teroh-Teroh dan Kolam Abadi Langkat tidak ada, namun di sekitar Desa Rumah Galuh ada, berikut beberapa penginapan terdekat:

Tips Berkunjung ke Air Terjun Teroh-Teroh dan Kolam Abadi Langkat

Beberapa tips ini mungkin berguna bagi sahabat yang ingin mengunjungi Air Terjun Teroh-Teroh dan Kolam Abadi Langkat:

  • Bawa kendaraan yang fit.
  • Karena butuh trekking menuju lokasi maka badan juga harus sehat / tidak dalam keadaan sakit ketika berkunjung
  • Rame-rame lebih seru, jangan datang sendirian
  • Bawa uang secukupnya, kalau saran kami minimal Rp100.000,00 untuk jaga-jaga kebutuhan lainnya
  • Bawa jaket, karena setelah mandi pasti kedinginan (airnya dingin segar)
  • Jangan tinggalkan sampah di lokasi wisata (Mitosnya: Bisa bisa jomblo seumur hidup :D)

Selamat berkunjung.

Galery Wisata Terkait

Kritik dan Saran untuk Tempat Wisata ini

Kritik dan saran ini memuat kepuasan, kenyamanan, keindahan serta kebersihan tempat wisata terkait. Adapun kritik dan sarannya sbb:

  • Terlalu banyak PUNGLI di kawasan menuju tempat wisata ini, sempat ada kabar dari sahabat yang sudah ke tempat ini di palak. Solusinya: Pihak pengelola harus lebih memperketat keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung, kesan pertama itu akan dikenang, jadi harus bebas dari pungli dsb.
  • Di beberapa lokasi sering dijumpai sampah plastik. Solusinya: Buat larangan buang sampah sembarangan, menyediakan tong sampah, mengedukasi pengunjung yang baru sampai pintu masuk kawasan wisata, bisa juga dengan memperkenalkan mitos setempat kalau tidak menjaga kebersihan akan ada efeknya, dsb.

Keterangan: Informasi kritik ini kami kutip dari berbagai sumber termasuk dari sahabat wisata yang pernah berkunjung langsung ke tempat ini.

Informasi dan Narasumber

  1. Beberapa isi Galery dari: Nofia Enjelina, Desy Lim, Tour Guide Wisata Toba Lake, Al Faqir Emmar Hanafi, Ekin Pelaruga dan Kajino
  2. Pemandu wisata menuju Air Terjun Pelaruga: Mozes
  3. Sahabat wisata yang pernah berkunjung ke tempat wisata ini: Melinda C, Hasanah Hakim dan Sryatman

Lihat juga: Pesona Air Terjun Segenter Bak Serpihan Surga yang Tertinggal

2 thoughts on “Mendunia! Air Terjun Teroh-Teroh Berpadu dengan Kolam Abadi Langkat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *