Satwa – Sobat Hijau, Kamis lalu (17/01/2019) Lembaga Konservasi Taman Safari Indonesia (TSI), Bogor kembali membawa kabar gembira seiring kelahiran 1 ekor bayi panda merah (Ailurus fulgens) dari pasangan induk Xing Xing (8 tahun) dan Bai Bai (9 tahun)

Peristiwa kelahiran ini merupakan yang pertama di Indonesia. Sebelumnya, pasangan panda merah ini datang ke Indonesia pada tanggal 13 Oktober 2017 dari Guangzhou, Tiongkok.

TSI melakukan upaya untuk perkembangbiakan satwa ini mulai dari perjodohan, pengamatan perilaku perkawinan dan pemantauan status reproduksi induk melalui pemeriksaan ultrasonografi.

Keberhasilan perkembangbiakan ini besar artinya bagi konservasi satwa ini karena panda merah termasuk satwa yang yang dilindungi dan masuk dalam daftar endangered berdasar IUCN Red List.

TSI merupakan 1 dari 84 LK yg terdaftar di KLHK di bawah binaan Konservasi KSDAE dan telah diakreditasi tim independen dengan nilai A, artinya secara teknis dikelola secara profesional. Akreditasi dilakukan 3 tahun setelah dikeluarkan izin dan dievaluasi secara berkala.

Semoga bayi panda merah ini sehat sampai dewasa ya, Sobat Hijau.

Baca juga: Kabar Bahagia, Telah Lahir Dua Anak Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae)

One thought on “Kelahiran Panda Merah yang Pertama Kali di Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *