Foto: Tampak Air Terjun Ponot dari Jarak Jauh

Air Terjun Ponot memiliki ketinggian hingga 250 meter (820 kaki) dan memiliki tiga undakan air terjun. Air Terjun Ponot berada di aliran Sungai Ponot yang merupakan anak Sungai Asahan di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan air laut.

Foto: Pencarian via Google.com/Air Terjun Tertinggi di Indonesia, dimana Air Terjun Ponot Berada Pada Posisi Pertama (22/09/2018)

Jika di tampilkan dalam bentuk “Daftar Air Terjun Tertinggi di Indonesia” sebagai berikut versi wikipedia(dot)org yang melansir informasi dari apakabardunia(dot)com.

Foto: Daftar Air Terjun Tertinggi di Indonesia via Wikipedia(dot)org (22/09/2018)

Air Terjun Ponot juga sekaligus mencetak rekor sebagai “Air Terjun Tertinggi di Indonesia di Posisi ke-1″ dengan tinggi 250 meter.

Keindahan Air terjun Ponot terletak pada debit airnya yang sangat deras. Di bawah curahan air terjun banyak terdapat batu-batuan alam yang berukuran sangat besar sehingga menjadi daya tarik tersendiri sebagai pelengkap keindahan Air terjun Ponot.

Selain menjadi objek wisata, Air Terjun Ponot juga dimanfaatkan sebagai generator utama pembangkit listrik Kabupaten Asahan. Derasnya air yang jatuh ke dasar sungai akan terasa menyegarkan meskipun terik membakar hari. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, air terjun ini memiliki tiga tingkatan sebelum akhirnya jatuh ke dasar air. Hal tersebut menjadi pelengkap keindahan Air Terjun Ponot.

Fasilitas yang terdapat di tempat ini belum terlalu banyak, hanya ada beberapa penjual tenda yang menyediakan makanan.

Rute
Untuk menuju Air Terjun Ponot, sahabat harus berkendara menggunakan sepeda motor sekitar 1 sampai 2 jam perjalanan dari Kota Kisaran menuju Ibukota Asahan. Untuk kondisi jalannya pun sudah cukup mulus, namun di bebrapa trek Sahabat akan melewati jalan berbatu dan anya di beberapa titik jalannya ada yang berlubang.
 
Biaya
Tiket masuk Rp.5.000 ditambah biaya parkir Rp.5000. Selamat berkunjung.


Lokasi
Air Terjun Ponot, Dusun Sampuransiarimo, Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia

Posisi ke-2 di raih oleh Air Terjun Madakaripura. Berlokasi di Sapih, Branggah, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur,  dengan tinggi 200 meter, dan

Foto: Air Terjun Madakaripura, Jawa Timur, Via Khatulistiwatravel.com (22/09/2018)

Posisi ke-3 Air Terjun Nokan Nayan. Berlokasi di Desa Deme, Kecamatan Ambalau, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat, dengan tinggi Air Terjun mencapai 180 meter.

Foto: Air Terjun Nokan Nayan

Posisi ke-4 Air Terjun Lembah Harau Berlokasi di Tarantang, Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat dengan tinggi Air Terjun mencapai 150 meter.

Foto: Air Terjun Lembah Harau

Posisi ke-5 Air Terjun Batang Kapas. Berlokasi di Batu Sasak, Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau dengan tinggi Air Terjun mencapai 133 meter.

Foto: Air Terjun Batang Kapas

Untuk cuplikan video keseluruhannya sebagai berikut:

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Indoflashlight (@indoflashlight) pada

Semoga Air Terjun di atas tetap lestari.

Referensi Tambahan:

[16/09/2018] https://goo.gl/jbpcLq
[16/09/2018] https://goo.gl/nGKpNj
[16/09/2018] https://goo.gl/h3tpNo

2 thoughts on “Inilah Cuplikan Video 5 Air Terjun Tertinggi di Indonesia versi wikipedia.org”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *