Flora

Harendong Bulu (Tibouchina urvilleana) Tanaman Liar yang Kaya Manfaat

Flora – Harendong Bulu (Tibouchina urvilleana) tanaman hutan ini memiliki banyak khasiat penyembuhan berbagai macam penyakit. Tanaman yang juga dikenal dengan nama Senggani ini banyak tumbuh di hutan atau di daerah perkampungan yang rimbun dan sejuk. Namun sayang, hanya sedikit masyarakat yang mengetahui dan memanfaatkan tanaman Harendong ini sebagai alternatif pengobatan. Semua bagian tanaman harendong dapat dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai penyakit.

PENDAHULUAN

Skor Harendong Bulu (Tibouchina urvilleana)

Dari 100% poin, setelah kami perhitungkan “Harendong Bulu (Tibouchina urvilleana)” mendapatkan skor: 89% (B) cukup langka.

Keterangan: Hasil skor kami analisis berdasarkan tingkat kelangkaan flora, hasil survey di lapangan, informasi dari teori publikasi dan faktor-faktor lainnya.
Skor % Nilai Ket.
90-100 A Sangat langka
80-89 B Langka
70-79 C Cukup langka
60-69 D Tidak langka
10-59 E Populasi stabil
Keterangan: Penilaian dapat saja berubah jika flora terkait mengalami perubahan populasi, status dan faktor-faktor lainnya.

Klasifikasi Harendong Bulu (Tibouchina urvilleana)

Dalam klasifikasi flora dapat di kelompokkan menjadi 3 (tiga) klasifikasi diantaranya:

  1. Flora Asli (Daftar tetumbuhan yang asli, yang hidup di suatu wilayah tertentu).
  2. Flora Tanaman (pertanian dan hortikultura, mencakup tetumbuhan yang di tanam atau dibudidayakan manusia).
  3. Flora Gulma (Daftar jenis-jenis tetumbuhan yang tidak diinginkan tumbuh di lahan pertanian atau di tempat lainnya).

Klasifikasi flora Harendong Bulu (Tibouchina Urvilleana) masuk ke dalam jenis Flora Asli (Daftar tetumbuhan yang asli, yang hidup di suatu wilayah tertentu).

Flora lainnya: Kandungan dan Manfaat Tanaman Legend “Buah Rambusa”

PEMBAHASAN

Nama Ilmiah Harendong Bulu (Tibouchina urvilleana)

Nama ilmiah Harendong Bulu adalah (Tibouchina urvilleana). Berikut pengelompokan klasifikasi ilmiahnya.

Kingdom Plantae
Clade Tracheophytes, Angiosperms, Eudicots, Rosids
Order Myrtales
Family Melastomataceae
Genus Tibouchina
Spesies T. urvilleana
Nama Binomial: Tibouchina urvilleana

Habitat Alamiah Harendong Bulu (Tibouchina urvilleana)

Harendong Bulu (Tibouchina urvilleana) adalah tanaman liar yang hidup di perkebunan dan kawasan hutan hujan. Harendong Bulu biasanya akan tumbuh subur di kawasan lahan yang sedikit berair seperti di tebing sungai dan cukup lembab. Tanaman ini banyak di jumpai di sekitar pegunungan dan hutan konservasi. Namun, tak jarang keberadaanya juga banyak di temui di sekitar pemukiman dan di anggap tumbuhan tidak bermanfaat.

Kandungan Harendong Bulu (Tibouchina urvilleana)

Tinggi zat besi, vitamin C, flavonoid, kalsium, mineral, fitronutrien, sponin, tanin, steroid dan beberapa nutrisi lainnya.

Manfaat Harendong Bulu (Tibouchina urvilleana)

Berdasarkan hasil penelitian, masing-masing senyawa kimia tersebut mempunyai khasiat tersendiri. Saponin memiliki kemampuan sebagai pembersih dan antiseptik yang berfungsi membunuh atau mencegah pertumbuhan mikroorganisme. Tanin berfungsi sebagai astringen yang dapat menyebabkan penutupan pori-pori kulit, pengerasan kulit, menghentikan eksudat, dan pendarahan yang ringan. Steroid berfungsi sebagai anti inflamasi. Sedang senyawa flavanoid berfungsi sebagai antibakteri, antioksidan dan jika diberikan pada kulit dapat menghambat pendarahan.

Buahnya bisa dimakan langsung sebagai cemilan sehat dan juga bisa sebagai obat bisul. Akar tanaman Harendong juga mengandung zat penyamak (tanin). Secara keseluruhan tanaman Harendong berkhasiat dalam pengobatan berak darah, pendarahan rahim, wasir darah, haid berlebihan, keputihan, disentri basiler, diar, hepatitis, gangguan pencernaan, keracunan singkong, radang dinding pembuluh darah, dan pembekuan (Tromboangitis)

Budidaya Harendong Bulu (Tibouchina urvilleana)

Hingga saat ini tidak ada budidaya Harendong Bulu (Tibouchina urvilleana) secara menyeluruh. Semoga Harendong Bulu (Tibouchina urvilleana) suatu saat dibudidayakan secara menyeluruh karena saat ini populasinya sudah langka dan perlu peningkatan populasi di samping manfaatnya yang berlimpah sebagai pengobatan.

Status Perlindungan Harendong Bulu (Tibouchina urvilleana)

Berdasarkan informasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Nomor p.20/menlhk/setjen/kum.1/6/2018 Tentang penetapan jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi, Harendong Bulu (Tibouchina urvilleana) berstatus “Tidak Dilindungi“. Meski pun begitu flora ini perlu dibudidayakan guna pelestarian, agar flora Indonesia ini tidak punah.

PENUTUP

Dengan mengetahui serta mempelajari flora dan fauna endemik Indonesia, kita sudah mulai mengenali kekayaan alam Indonesia. Indonesia memiliki keragaman hayati yang sangat besar. Bahkan keanekaragaman hayati Indonesia termasuk tiga besar di dunia bersama dengan Brazil di Amerika Selatan dan Zaire di Afrika. Untuk itu mari sama-sama mengenali ragam flora dan fauna Indonesia. Bersama menjaga serta melestarikannya adalah kewajiban kita semua agar tidak terjadi kepunahan di masa yang akan datang.

DAFTAR PUSTAKA

  1. Informasi ini kami tulis berdasarkan wawasan dan pengetahuan di tambah beberapa informasi dari masyarakat.
  2. Beberapa foto dari: instagram.com/tehpagi/.
  3. RHS A-Z. “Encyclopedia of Garden Plants“. United Kingdom: Dorling Kindersley. 2008. p. 1136. ISBN1405332964.

Baca juga: Raja Buah (The King of Fruits) Tumbuh Subur di Indonesia

12 Replies to Harendong Bulu (Tibouchina urvilleana) Tanaman Liar yang Kaya Manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up
error: