Flora – Harendong Bulu (Tibouchina Urvilleana) itulah namanya. Tanaman hutan ini memiliki banyak khasiat penyembuhan berbagai macam penyakit. Tanaman yang juga dikenal dengan nama senggani ini banyak tumbuh di hutan atau di daerah perkampungan yang rimbun dan sejuk. Namun sayang, hanya sedikit masyarakat yang mengetahui dan memanfaatkan tanaman harendong ini sebagai alternatif pengobatan.

Semua bagian tanaman harendong dapat dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai penyakit. Daun harendong mengandung beberapa senyawa kimia seperti saponin, tanin, glikosida, steroida/triterpenoida dan flavanoid.

Berdasarkan hasil penelitian, masing-masing senyawa kimia tersebut mempunyai khasiat tersendiri. Saponin memiliki kemampuan sebagai pembersih dan antiseptik yang berfungsi membunuh atau mencegah pertumbuhan mikroorganisme. Tanin berfungsi sebagai astringen yang dapat menyebabkan penutupan pori-pori kulit, pengerasan kulit, menghentikan eksudat, dan pendarahan yang ringan. Steroid berfungsi sebagai anti inflamasi. Sedang senyawa flavanoid berfungsi sebagai antibakteri, antioksidan dan jika diberikan pada kulit dapat menghambat pendarahan.

Buahnya bisa dimakan langsung sebagai cemilan sehat dan juga bisa sebagai obat bisul. Akar tanaman harendong juga mengandung zat penyamak (tanin). Secara keseluruhan tanaman harendong berkhasiat dalam pengobatan berak darah, pendarahan rahim, wasir darah, haid berlebihan, keputihan, disentri basiler, diar, hepatitis, gangguan pencernaan, keracunan singkong, radang dinding pembuluh darah, dan pembekuan (Tromboangitis)

Setelah mengetahui begitu banyaknya khasiat dari tanaman harendong ini, maka hal pertama yang dapat dilakukan adalah membudidayakannya kemudian memanfaatkannya sebagai alternatif untuk pengobatan berbagai penyakit. Sehingga kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan kimia menjadi dapat diminimalisir. Semoga informasinya bermanfaat.

Kalau di daerah sahabat tanaman ini namanya apa?

Baca juga: Raja Buah (The King of Fruits) Tumbuh Subur di Indonesia

Informasi dari (CNN Indonesia)

10 thoughts on “Harendong Bulu (Tibouchina Urvilleana) Tanaman Liar Yang Kaya Manfaat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *