Beo Nias (Gracula robusta) adalah sejenis burung anggota familia Sturnidae (jalak dan kerabatnya) yang hanya dapat ditemukan di pulau Nias, Sumatra Utara, Indonesia. Karena Beo ini pintar menirukan suara Manusia, oleh karenanya ia termasuk ke dalam salah satu satwa yang pintar. Secara umum spesies Beo didaftar sebagai Least Concern dalam IUCN Red list dan dimasukkan dalam CITES Apendiks II, namun populasi Beo Nias yang trerdapat di alam liar semakin langka. Di Indonesia, Beo Nias menjadi salah satu satwa yang dilindungi bahkan oleh pemerintah kolonial Belanda pada masa penjajahan. Satwa ini masih menjadi Fauna Identitas (Maskot) Provinsi Sumatra Utara hingga saat ini.

Satwa ini dilindungi berdasarkan Peraturan menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor 92/MENLHK/SETJEN/KUM.1.6/2018, tentang perubahan atas peraturan menteri LKH nomor P.20/MENLHK/STJEN/KUM.1/6/2018, tenteng jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi.

PERHATIAN!

Dilarang keras menangkap, membru, melukai, membunuh, nenyimpan, memiliki, nemelihara, mengangkut, dan memperjual belikan satwa endemik ini karena dilindungi undang-undang no. 05 tahun 1990 tentang konservasi sumberdaya alam Hayati dan ekosistemnya.

Baca juga: Fauna Identitas (Maskot) Provinsi Sumatra Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *