Pesut Mahakam atau Lumba-lumba Air Tawar (Orcaella brevirostris) adalah genus (marga) mamalia air yang menghuni wilayah perairan tawar di Indonesia khususnya Pulau Kalimantan. Pesut dilindungi undang-undang konservasi dan hingga saat ini masih menjadi Fauna Identitas (Maskot) Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut data 2018 populasi Pesut di wilayah Kukar hanya tersisa sekitar 80 ekor. “Populasi pesut yang mencapai angka di bawah 100 ekor ini sudah digolongkan daftar merah untuk satwa yang terancam punah,” ujar Rendra Bayu, Aktivis Yayasan Konservasi Rare Aquatic Species of Indonesia (RASI)

Satwa ini dilindungi berdasarkan Peraturan menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor 92/MENLHK/SETJEN/KUM.1.6/2018, tentang perubahan atas peraturan menteri LKH nomor P.20/MENLHK/STJEN/KUM.1/6/2018, tenteng jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi.

PERHATIAN!

Dilarang keras menangkap, membru, melukai, membunuh, nenyimpan, memiliki, nemelihara, mengangkut, dan memperjual belikan satwa endemik ini karena dilindungi undang-undang no. 05 tahun 1990 tentang konservasi sumberdaya alam Hayati dan ekosistemnya.

Baca juga: Fauna Identitas (Maskot) Provinsi Kalimantan Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *