Kuau-kerdil Kalimantan (Polyplectron schleiermacheri) adalah jenis Kuau-kerdil berukuran sedang yang berhabitat di hutan hujan dataran rendah Pulau Kalimantan. Kuau ini adalah jenis Kuau Merak yang paling langka dan sudah jarang ditemui. Satwa ini juga merupakan Fauna Identitas Provinsi Kalimantan Tengah.

Cirinya adalah ukuran tubuhnya yang maksimal dapat tumbuh sampai 50 cm dengan bintik-bintik pada tubuhnya. Kuau Merak Kalimantan masih berkerabat dengan kuau-kerdil Malaya dan Kuau-kerdil Palawan. Satwa ini dilindungi undang-undang karena berstatus terancam dalam IUCN Red List.

Satwa ini dilindungi berdasarkan Peraturan menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor 92/MENLHK/SETJEN/KUM.1.6/2018, tentang perubahan atas peraturan menteri LKH nomor P.20/MENLHK/STJEN/KUM.1/6/2018, tenteng jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi.

PERHATIAN!

Dilarang keras menangkap, membru, melukai, membunuh, nenyimpan, memiliki, nemelihara, mengangkut, dan memperjual belikan satwa endemik ini karena dilindungi undang-undang no. 05 tahun 1990 tentang konservasi sumberdaya alam Hayati dan ekosistemnya.

Baca juga: Fauna Identitas (Maskot) Provinsi Kalimantan Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *