Bekantan (Nasalis larvatus) adalah sejenis monyet berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan dan merupakan satu dari dua spesies dalam genus tunggal monyet Nasalis. Bekantan menjadi Fauna Identitas (Maskot) Provinsi Kalimantan Selatan. Sejak tahun 2000 hingga 2019 Bekantan bersetatus endangered / terancam punah dan masuk ke daftar monyet langka yang dilindungi undang-undang.

Alih fungsi hutan menjadi lahan industri menjadi salah satu faktor penyebab Bekantan terancam punah. Bekantan hidup di sepanjang sungai di Borneo dengan cara berkelompok. Fakta menarik lainnya adalah Bekantan suka berenang. Sayang sekali kalau Bekantan punah, semoga monyet lucu ini tetap lestri.

Satwa ini dilindungi berdasarkan Peraturan menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor 92/MENLHK/SETJEN/KUM.1.6/2018, tentang perubahan atas peraturan menteri LKH nomor P.20/MENLHK/STJEN/KUM.1/6/2018, tenteng jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi.

PERHATIAN!

Dilarang keras menangkap, membru, melukai, membunuh, nenyimpan, memiliki, nemelihara, mengangkut, dan memperjual belikan satwa endemik ini karena dilindungi undang-undang no. 05 tahun 1990 tentang konservasi sumberdaya alam Hayati dan ekosistemnya.

Baca juga: Fauna Identitas (Maskot) Provinsi Kalimantan Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *