Rangkong Gading atau Enggang Gading (Rhinoplax vigil) adalah burung berukuran besar dari keluarga Bucerotidae. Burung ini merupakan spesies dilindungi dalam UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Namun faktanya, spesies ini banyak diburu bagian balungnya untuk dijadikan ukiran dan aksesoris dan dijual ke pasar gelap internasional. Hasil sebuah penelitian menyebutkan, pada tahun 2013, tercatat setidaknya ada 500 individu Rangkong Gading dewasa yang dibunuh setiap bulannya di Kalimantan Barat untuk diambil balungnya guna memenuhi permintaan pasar gelap.

Hal ini masih terus terjadi hingga sekarang dan membawanya ke status Kritis (Critically Endangered/CR), satu langkah lagi ke status Punah (Extinct/EX)

PERHATIAN:
Foto di slide ke 2 ada kesalahan upload, itu foto Rangkong Badak tapi mash 1 keluarga dengan Rangkong Gading. Terima kasih.

Satwa ini dilindungi berdasarkan Peraturan menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor 92/MENLHK/SETJEN/KUM.1.6/2018, tentang perubahan atas peraturan menteri LKH nomor P.20/MENLHK/STJEN/KUM.1/6/2018, tenteng jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi.

PERHATIAN!

Dilarang keras menangkap, membru, melukai, membunuh, nenyimpan, memiliki, nemelihara, mengangkut, dan memperjual belikan satwa endemik ini karena dilindungi undang-undang no. 05 tahun 1990 tentang konservasi sumberdaya alam Hayati dan ekosistemnya.

Baca juga: Fauna Identitas (Maskot) Provinsi Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *