Satwa – Gajah Bongkok ditemukan mati tanpa gading di Hutan Desa Pantanlah, Kec. Pintu Rime Gayo, Kab. Bener Meriah, Aceh, Jumat (28/12/2018). Tidak sulit memang mengenali Gajah ini, karena bentuk kepalanya yang membungkuk.

Gajah liar, jantan dewasa ini berusia 30-40-an tahun, dia sering mendatangi kampung warga. Tak mengganggu dan tak terganggu. Hanya melintas dan mengambil sebagian yang bisa ia makan.

Pertengahan tahun lalu ia kembali dengan matanya yang rabun, ia mendatangi kampung seperti biasa. Tapi kali ini dengan keadaan yang tak biasa, karena ada lubang luka lumayan dalam dan lebar yang menganga diatas tengkuknya. Lukanya sudah berbelatung dan mengeluarkan bau menyengat, dengan kerap berdiri memperlihatkan diri.

Upaya tak berhenti, september kemarin akhirnya team rescue berhasil menemukan Gajah Bongkok dan mengobati luka Gajah Bongkok kemudian melepaskannya kembali ke hutan.

Baca juga: Nyaris Putus Kakinya Terjerat Oleh Pemburu Liar “Gajah Sumatera Amirah” Kini Telah Mati

Hingga info kemarin 28/12/18 dari akun facebook “Singky Soewadji‎” selalu Pengamat Satwa Indonesia mengatakan bahwa Gajah Bongkok telah di bunuh. Tubuhnya terkapar membusuk dengan sepasang gading yang sudah lenyap.

Berikut ungkapnya, “Hutan yang seharusnya menjadi tempat teraman bagimu, telah berubah menjadi tempat pembantaian bagimu dan kawanmu.

Sejenak ku tertunduk, gajah yang keluar dari hutan terkadang bukan hanya karena tidak ada makanan.

Tapi ada hal lain yang ingin mereka sampaikan.

Seperti kali ini, bahwa dihutan sana, sudah ada pemburu yang menanti mereka.

Dan kau pun mungkin sudah merasa hingga harus sekian lama melanglang di pemukiman warga.

Tapi naas tak bisa kau hindari nak! Mereka yang buta karena harta sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk sepasang gadingmu.

Dan mereka siaga menantimu disana.

Disana…!
Dirumahmu…!
Yang pernah menjadi tempatmu berlindung.

Tapi kini tak mampu lagi melindungimu dari keserakahan manusia.

Gajah Bongkok adalah yang ke 14, yang dibunuh dalam kurun waktu setahun ini (2017 – 2018), yang terdata olehku,” ungkap Singky Soewadji‎ di akun facebook miliknya.
—-
Referensi: Fb / Singky Soewadji‎, BKSDA Aceh

Baca juga: Seekor badak Sumatera Ditemukan Terperangkap di Lubang Jebakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *