Tempo Doeloe – Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarahnya sendiri. Indonesia memiliki sejarah yang panjang, namun minim sekali dokumentasi yang dimiliki sehingga banyak memori sejarah yang terlupakan.

Mirisnya lagi Belanda, negara yang pernah menjajah negeri ini selama berabad-abad, malah memiliki arsip lengkap tentang Indonesia. Mereka memiliki foto-foto Indonesia tempo dulu dan salah satunya adalah foto-foto Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia Kota Bukittinggi semula merupakan pasar (pekan) bagi masyarakat Agam Tuo.

Bukit Tinggi Tempo Doeloe Volume I:

Baca juga: Lombok Tempo Doeloe

Kemudian setelah kedatangan Belanda, kota ini menjadi kubu pertahanan mereka untuk melawan Kaum Padri. Pada tahun 1825, Belanda mendirikan benteng di salah satu bukit yang terdapat di dalam kota ini. Tempat ini dikenal sebagai benteng Fort de Kock, sekaligus menjadi tempat peristirahatan opsir-opsir Belanda yang berada di wilayah jajahannya.

Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, kawasan ini selalu ditingkatkan perannya dalam ketatanegaraan yang kemudian berkembang menjadi sebuah stadsgemeente (kota) dan juga berfungsi sebagai ibu kota Afdeeling Padangsche Bovenlanden dan Onderafdeeling Oud Agam.

Bukit Tinggi Tempo Doeloe Volume II:

Baca juga: Aceh Tempo Doeloe

Semoga kehadiran video singkat ini bisa bermanfaat dan menjadi pelajaran kita bersama untuk belajar sejarah. Terima kasih.

One thought on “Bukit Tinggi Tempo Doeloe”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *