Tempo Doeloe – Kota Bogor adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak 59 km sebelah selatan Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor. Dahulu luasnya 21,56 km², namun kini telah berkembang menjadi 118,50 km² dan jumlah penduduknya 1.030.720 jiwa (2014).

Bogor dikenal dengan julukan kota hujan, karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Kota Bogor terdiri atas 6 Kecamatan yang dibagi lagi atas sejumlah 68 Kelurahan. Pada masa Kolonial Belanda, Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg (pengucapan: boit’n-zôrkh”, bœit’-) yang berarti “tanpa kecemasan” atau “aman tenteram”.

Bogor Tempo Doeloe Volume I:

Baca juga: Lombok Tempo Doeloe

Setelah penyerbuan tentara Banten, catatan mengenai Kota Pakuan hilang, dan baru ditemukan kembali oleh ekspedisi Belanda yang dipimpin oleh Scipio dan Riebeck pada tahun 1687. Mereka melakukan penelitian atas Prasasti Batutulis dan beberapa situs lainnya, dan menyimpulkan bahwa pusat pemerintahan Kerajaan Pajajaran terletak di Kota Bogor.

Pada tahun 1745, Gubernur Jenderal Gustaaf Willem baron van Imhoff membangun Istana Bogor seiring dengan pembangunan Jalan Raya Daendels yang menghubungkan Batavia dengan Bogor. Bogor direncanakan sebagai sebagai daerah pertanian dan tempat peristirahatan bagi Gubernur Jenderal. Dengan pembangunan-pembangunan ini, wilayah Bogor pun mulai berkembang.

Setahun kemudian, van Imhoff menggabungkan sembilan distrik (Cisarua, Pondok Gede, Ciawi, Ciomas, Cijeruk, Sindang Barang, Balubur, Dramaga, dan Kampung Baru) ke dalam satu pemerintahan yang disebut Regentschap Kampung Baru Buitenzorg. Di kawasan itu van Imhoff kemudian membangun sebuah Istana Gubernur Jenderal. Dalam perkembangan berikutnya, nama Buitenzorg dipakai untuk menunjuk wilayah Puncak, Telaga Warna, Megamendung, Ciliwung, Muara Cihideung, hingga puncak Gunung Salak, dan puncak Gunung Gede.

Bogor Tempo Doeloe Volume II:

Baca juga: Surabaya Tempo Doeloe

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarahnya sendiri. Indonesia memiliki sejarah yang panjang, namun minim sekali dokumentasi yang dimiliki sehingga banyak memori sejarah yang terlupakan. Mirisnya lagi Belanda, negara yang pernah menjajah negeri ini selama berabad-abad, malah memiliki arsip lengkap tentang Indonesia. Mereka memiliki foto-foto Indonesia tempo dulu dan salah satunya adalah foto-foto Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Bogor Tempo Doeloe Volume III:

Baca juga: Aceh Tempo Doeloe

Semoga kehadiran video singkat ini bisa bermanfaat dan menjadi pelajaran kita bersama untuk belajar sejarah. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *