Wisata/Sejarah – Air Terjun Mangku Sakti, memiliki arti “Penunggu Yang Ilmunya Sangat Sakti”. Mangku dalam Bahasa Sasak Lombok berarti Tetua.

Menurut masayarakat setempat konon dahulu ada seorang Mangku yang beranama Titi Kastura yang menjadi juru kunci dikaki Gunung Rinjani, beliau dijuluki Mangku Gunung atau biasa disebut Sang Penjaga Gunung.

Setelah Titi Kastura meninggal, Warga menemukan Air terjun yang diapit oleh berbatuan. Disisi kiri air terjun yang tersusun bebatuan membentuk wajah yang diyakini warga setempat sebagai wajahnya sang mangku “Tita Kastura”. Jadi begitulah mengapa air terjun ini dinamakan Mangku Sakti.

Baca juga: Sejarah Letusan Gunung Rinjani Yang Kini Menjadi UNESCO Global Geopark

Tak jarang masayarakat setempat meyakini bahwa Air Terjun ini tempat mandinya Bidadari. Karena setelah hujan akan terlihat pelangi seolah-olah masuk ke Air Terjun ini.

Apapun sejarah atau kepercayaan masayarakat setempat yang jelas Air Terjun ini sangatlah indah, airnya biru jernih. Bahkan saat hujan jarang terlihat keruh, hutan dan bebatuan eksotis di sekeliling semakin menambah kesan alami.

Inilah salah satu Pesona Indonesia, kita patut berbangga, di daerah manapun itu tetap ini bagian dari Indonesia. Kita harus bersyukur dengan menikmati sekaligus menjaga alam sekitar. Semoga tetap lestari.

Baca juga: Setelah Meletus 74.000 Silam Gunung Api Purba Toba Kini Berubah Menjadi Danau Tercantik di Indonesia

3 thoughts on “Air Terjun Mangku Sakti Tempat Mandinya Bidadari”

  1. Hi. I have checked your indoflashlight.org and i see
    you’ve got some duplicate content so probably it is the reason that you don’t rank
    hi in google. But you can fix this issue fast. There is a
    tool that generates content like human, just search in google:
    miftolo’s tools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *