Pemandangan Air Terjun Nokan Nayan dari Ketinggian

Air terjun Nokan Nayan (dalam bahasa Uud Danum: Nohkan Lonanyan) merupakan air terjun tertinggi di Kalimantan Barat. Air Terjun ini emiliki ketinggian 180 Meter (Via Kompasiana(dot)com atau 300-an Meter (Via Kalimantannews(dot)com), versi Wikipedia(dot)com menyebutkan lebih dari 180 Meter. Sahabat bisa cek sendiri kebenaran tentang ketinggiannya melalui website dalam tanda kurung tersebut, namun karena banyak yang mengatakan 180 meter di hampir setiap website jadi kami cantumkan 180 meter. Namun, jika benar Nokan Nayan memiliki tinggi 300 meter maka tidak salah lagi bahwa air terjun ini masuk dalam air terjun tertinggi di dunia peringkat 33.

PERJALANAN MENUJU LOKASISelain jalur transportasi yang rumit, dan akses yang bermacam ragam, seperti jalur sungai, jalan setapak, dan mendaki turun perbukitan, telah diketahui juga perjalanan nya benar-benar menyita banyak waktu, yaitu bisa sampai 1 – 2 Hari (tergantung kondisi). Dan itu pun hanya diperkirakan untuk sampai ke Kec. Amabalau saja, belum termasuk perhitungan waktu dalam mencapai Air Terjun Nokan Nayan.

Dapat diperkirakan, jika pengunjung memulai perjalanan dari Kota Sintang, bisa mencapai 4 Hari perjalanan. Perjalanan darat dilakukan dari Kota Sintang hingga ke Nanga Amabalau, lalu dilanjutkan dengan menyebrangi sungai untuk mencampai Desa Menantak yang diketahui menggunakan Speedboat 15 PK, dengan estimasi perjalanan bisa lebih dari 14 Jam. Lalu ketika sampai di Desa Menantak dilanjutkan kembali perjalanan dengan menyebrangi sungai menggunakan Longboat 2 PK hingga sampai ke Desa Deme. Untuk mencampai lokasi Desa Deme memang benar-benar meningkatkan adrenalin, karena sungai yang dlewati masih rawan dengan puluhan derasnya Riam yang menanti di setiap sudut perjalanan, sehingga dalam hal ini kemampuan pengendara / Nakhoda benar-benar harus teruji dalam mengelak beberapa tarikan arus riam, ditambah juga waktu perjalanan yang dapat menghabisan hingga 1 harian. Jadi, jika waktu perjalanannya ditotalkan dari Kota Pontianak bisa mencapai satu minggu, karena penjelajah juga butuh istirahat. MITOSLokasi Nokan Nayan dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai Markas nya para Roh-roh halus, karena memang jauh dari permukiman warga terdekat. Entah apapun itu yang jelas Air Terjun Nokan Nayan merupakan salah satu pesona Indonesia yang patut dibanggakan, di jaga dan di lestarikan.Referensi Informasi: [10/0/2018] https://goo.gl/s94i7m [10/09/2018] https://goo.gl/qjjBNG[11/09/2018] https://goo.gl/TAhDft

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *