Foto: BKSDA Aceh – Penyelamatan Gajah yang Terjerat Kakinya di Aceh

Dilansir dari akun instagram BKSDA Aceh, dimana BKSDA Aceh dan VESSWIC telah mengobati Gajah yang Terluka ini.

Tim BKSDA Aceh Resort Langsa dipimpin Sdr. Azharudin bersama tim dokter hewan dari VESSWIC yang dipimpin Drh. Anhar, melakukan pengobatan terhadap gajah liar yang terluka parah di kaki kiri depan, karena jerat 19/09/18.

Gajah berjenis kelamin betina berusia sekitarr 25 tahun, ditemukan setelah pencarian hampir 2 minggu semenjak dilaporkan oleh warga desa. Gajah ditemukan di Desa Blang Tualang Kecamatan Bireun Bayen, Langsa, Aceh. 

Pengobatan dilakukan dengan memotong jerat yang melekat di kaki, membersihkan luka, memberikan antibiotik serta beberapa botol infus, untuk memulihkan kondisi gajah yang agak lemas. Selanjutnya gajah akan di lepas liarkan kembali. Sampai saat ini pengobatan masih berlangsung. 


Dilansir dari situs WWF, berikut beberapa fakta Gajah Sumatera di Indonesia:
1. Gajah Sumatera Adalah Mamalia Terbesar Di Indonesia Yang Mempunyai Ukuran Tinggi Badan Sekitar 1,7-2,6 Meter
2. Terancam Punah Berstatus Kritis (Critically Endangered) Dalam Daftar Merah Spesies Keluarkan Oleh Lembaga Konservasi Dunia –Iucn). 
3. Dalam 25 Tahun, Gajah Sumatera Telah Kehilangan Sekitar 70% Habitatnya, Serta Populasinya Menyusut Hingga Lebih Dari Separuh
4. Populasi Saat Ini 2.400-2.800 Individu
5. Pengembangan Industri Pulp Dan Kertas Serta Industri Kelapa Sawit Sebagai Salah Satu Pemicu Hilangnya Habitat Gajah
6. Aktivitas Pembalakan Liar, Penyusutan Dan Fragmentasi Habitat, Serta Pembunuhan Akibat Konflik Dan Perburuan
7. Khusus Wilayah Riau Dalam Seperempat Abad Terakhir Estimasi Populasi Menurun 84% Hingga Tersisa Sekitar 210 Ekor Di Tahun 2007. Dan Lebih Dari 100 Individu Gajah Yang Sudah Mati Sejak Tahun 2004.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *