ADA APA DENGAN INDONESIA?

KEBAKARAN SAVANA BROMO

Titik kebakaran tersebut berada di Perbukitan Teletubbies, sekitar 5 km dari Kawah Gunung Bromo. Sementara itu, Kepala Seksi 2 TNBTS mengaktakan “Kalau penyebab pasti munculnya api belum kita ketahui pasti. Apakah karena faktor cuaca atau kelalaian manusia, semisal membuang puntung rokok sembarangan dll.

KEBAKARAN GILI LAWA DARAT

Ketika hati tak bergeming, air mata seketika menetes ketika melihat kebakaran yang terjadi di Gili Lawa Darat. Hati siapa yang tidak tersentuh, keindahan Pulau Kecil ini sudah tersohor hingga ke penjuru dunia. Lebih sedihnya lagi pristiwa ini disebabkan oleh ulah manusia sendiri. IF yakin travelers sejati hatinya akan sakit mendengar serta melihat musibah ini.

Video ini sedikit menggambarkan keindahan Gili Lawa Darat sebelum ludes terbakar. Kebakaran Savana 10 Hektar bukanlah sedikit. Bisa dibayangkan efeknya setelah pristiwa ini, flora, fauna pastinya ada di sini. Bagaimana nasib Rusa yang sering di jumpai di kawasan ini? nasib Burung-Burung yang menetap di Gili ini? Ini hanya sebagian kecil saja, mungkin menurut sebagian orang ini hal biasa dan akan tumbuh rumputya ketika hujan, tapi menurut IF ini perlu dijadikan pelajaran berharga.

Semoga hukum tetap ditegakkan, tersangka cepat di pidana. Agar kelalaian seperti ini tidak terulang untuk ke tiga kalinya dan seterusnya. Alam akan menjaga ketika manusia mau menjaganya.


KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI 
KAWSAN HUTAN SULTAN TAHURA SULTAN ADAM

Disampaikan oleh Kepala Badan Pengelola (BP) Tahura Sultan Adam, Sri Wuryati, Kamis (9/8/2018) areal Tahura yang terbakar kurang lebih 20 ha terbakar sporadik.

Selain itu kawasan yang terbakar pun banyak ilalang dan semak-semak. Sehingga api menjadi lebih cepat menyebar.
Ia mengatakan pihaknya pun terus melakukan tindakan pencegahan untuk kejadian kebakaran lahan. Namun secara kebetulan pada insiden tersebut, petugas yang berpatroli pulang karena menjelang magrib. Pascamagrib petugas pun melihat asap dan ternyata itu merupakan titik api. “Mereka sempat keliling mencari titik api. Tapi ternyata jalan kesana harus melewati daerah Kiram,” cerita Sri tentang awal mula kebakaran tersebut.

Ia pun menyampaikan ketika dilakukan pengecekan lokasi, pada kawasan terbakar ada bekas tebasan alang-alang. Diduga api pun dipicu adanya seseorang yang membuang puntung berapi yang belum mati ke lahan tersebut.

Semoga hal serupa tidak terjadi lagi, di bulan-bulan ini banyak tempat indah di Indonesia yang terbakar dan semoga saja kasus kebakaran ini tetap di selidiki.

Semoga kebakaran hutan, lahan dan sebagainya tidak terjadi lagi, karena ini beruntun terjadi di pertengahan 2018. Kalau di lihat-lihat memang semuanya spot wisata andalan ” Karena Alam Tidak Akan Berkhianat Selama Manusia Tidak Mengkhianatinya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *