Foto Instagram: brinkleydavies

Satu lagi surga di Indonesia “Danau Labuan Cermin atau Danau Dua Rasa”. Danau ini terkenal karena kejernihan air nya yang menyerupai sebening kaca. Tidak sedikit yang mengira bahwa foto di tempat ini seperti editan, tetapi itu sangatlah salah, karena danau ini memang benar-benar jernih dan biru bagai akuarium raksasa.

Bahkan ketika terdapat objek diatas danau tersebut nampak seperti diatas kaca, dan ranting ranting yang terdapat di dasar danau dapat terlihat sangat jelas sekali. Dengan air yang begitu jernih, wisatawan dapat melihat Penyu, Tupai, Kulang dan satwa air danau lainnya yang muncul ke permukaan dengan sangat jelas, karena danau ini juga dikelilingi hutan rimbun.

Keajaiban lainnya mengenai danau ini adalah adanya dua rasa air yaitu Tawar dan Asin. Di bagian atas permukaan air danau terasa tawar, namun ketika menyelam ke dasar danau, air nya mulai terasa asin. Oleh karena itu danau ini juga dijuluki sebagai Danau Dua Rasa

Untuk sampai ke Danau Labuan Cermin, dari Balikpapan menuju Kabupaten Berau, lalu Tanjung Redep. Dari Tanjung Redep dapat dilanjutkan ke Kecamatan Biduk-biduk dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Dari sini perjalanan akan berlanjut dengan mengikuti petunjuk arah menuju Danau Labuan Cermin dengan menggunakan perahu sewa. Selain jalur air, dapat juga menggunakan jalur darat untuk menuju ke Danau Labuan Cermin yaitu dari kota Samarinda atau Sangatta menuju Kecamatan Biduk-biduk dengan waktu tempuh sekitar kurang lebih 13 jam.

📱Referensi foto: (@brinkleydavies)
📍Lokasi: Danau Labuan Cermin, Kec. Biduk biduk, Kab. Berau, Kalimantan Timur, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *