Senin, 11/09/2017 – Kebakaran Kawasan Taman Nasional Gunung Bromo

UPDATE 03/09/2018: MELUAS MENJADI 65 HETATARE TELAH TERBAKAR

Titik kebakaran tersebut berada di Perbukitan Teletubbies, sekitar 5 km dari Kawah Gunung Bromo. Sementara itu, Kepala Seksi 2 TNBTS mengaktakan “Kalau penyebab pasti munculnya api belum kita ketahui pasti. Apakah karena faktor cuaca atau kelalaian manusia, semisal membuang puntung rokok sembarangan dll.
Semoga hal serupa tidak terjadi lagi, di bulan-bulan ini banyak tempat indah di Indonesia yang terbakar dan semoga saja kasus kebakaran ini tetap di selidiki.


Tinjauan Umum
Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu) atau dalam bahasa Tenggerdieja “Brama”, adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. 


Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Sebagai sebuah objek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. 


Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Referensi:
[*] https://goo.gl/PEQr6M
[*] https://goo.gl/iq1Nba
[*] https://goo.gl/EmFRs9
[*] https://goo.gl/dWg1d1
[*] https://goo.gl/gGUQFD
Informasi tambahan:
[*] https://goo.gl/nGmKRg

[*] https://goo.gl/NckMLX
Lokasi: Taman Nasional Gunung Bromo, Jawa Timur, Indonesia 🇮🇩

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *