Kembali kami mengucapkan terima kasih banyak atas antusiasme sahabat dalam menandatangani petisi dan yang telah membagikan informasi selama ini.

Dengan mengajak sahabat lainnya berpartisipasi sahabat juga telah ikut serta berkampanye untuk perubahan yang lebih baik. Yuk berikan kado spesial buat mereka dengan menghadirkan kembali icon orangutan di mata uang rupiah.

Jangan renggut Lagi hutan milik mereka!


Ancaman terbesar yang tengah dialami oleh orangutan adalah habitat yang semakin sempit karena kawasan hutan hujan yang menjadi tempat tinggalnya dijadikan sebagai lahan kelapa sawit, pertambangan dan pepohonan ditebang untuk diambil kayunya.

Orangutan telah kehilangan 80% wilayah habitatnya dalam waktu kurang dari 20 tahun. Tak jarang mereka juga dilukai dan bahkan dibunuh oleh para petani dan pemilik lahan karena dianggap sebagai hama. Jika seekor orangutan betina ditemukan dengan anaknya, maka induknya akan dibunuh dan anaknya kemudian dijual dalam perdagangan hewan ilegal. Pusat rehabilitasi didirikan untuk merawat oranutan yang sakit, terluka dan yang telah kehilangan induknya. Mereka dirawat dengan tujuan untuk dikembalikan ke habitat aslinya.

Di Sumatra, populasinya hanya berada di daerah Leuser, yang luasnya 2.6 juta hektare yang mencakup Aceh dan Sumatera Utara. Leuser telah dinyatakan sebagai salah satu dari kawasan keanekaragaman hayati yang terpenting dan ditunjuk sebagai UNESCO Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera pada tahun 2004. Ekosistemnya menggabungkan Taman Nasional Gunung Leuser, tetapi kebanyakan para Orangutan tinggal di luar batas area yang dilindungi, di mana luas hutan berkurang sebesar 10-15% tiap tahunnya untuk dijadikan sebagai area penebangan dan sebagai kawasan pertanian.

Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami berkurangnya jumlah hutan tropis terbesar didunia. Tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan berkurangnya laju deforestasi. Sekitar 15 tahun yang lalu, tercatat sekitar 1.7 juta hektare luas hutan yang terus ditebang setiap tahunnya di Indonesia, dan terus bertambah pada tahun 2000 sebanyak 2 juta hektare. Together Let’s Save Orangutans!

📱Doc. video: Orangutan Red Project, Informasi tambahan: https://www.orangutans-sos.org/crisis/
🌱Support Orangutan bersama @bungajelitha66 @bosfoundation
🌐Regional: @indoflashlightKalimantan@indoflashlightSumatera
🎼Lagu Latar: Bagimu Negeri
📍Borneo, Kalimantan, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *