Didalam rekaman video di atas terlihat seorang pengendara motor yang membawa ikan predator (Arapaima gigas) berukuran raksasa yang diikat di atas tempat duduk bagian belakang motornya. Sejumlah warga terlihat mengerumi pengedara tersebut. Video ini pertama kali diunggah oleh akun facebook: Damasco Siregar Siagian pada Rabu, 25 Juli 2018. Penangkapan ikan raksasa ini di kawasan Sungai Siak, Riau, Indonesia.
Berdasarkan Undang-Undang No.31/2004 tentang Perikanan Pasal 12 ayat (1), disebutkan bahwa setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan pencemaran dan atau kerusakan sumber daya ikan dan atau lingkungannya di wilayah pengelolaan perikanan Republik Indonesia.
Berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No.41/PERMEN-KP/2014 tentang Larangan Pemasukan Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke dalam Wilayah Negara Republik Indonesia, Ikan Arapaima merupakan salah satu dari 152 jenis ikan berbahaya yang dilarang pemasukannya ke dalam Wilayah Negara Republik Indonesia.
Dalam UUD yang sama dalam Pasal 12, ayat (2), disebutkan bahwa setiap orang dilarang membudidayakan ikan yang dapat membahayakan sumber daya ikan, lingkungan sumber daya ikan, dan atau kesehatan manusia di WPP RI.
Video Lengkapnya sbb:
Referensi Tambahan: https://goo.gl/EyTmFc https://goo.gl/inei5f

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *