Danau Toba merupakan danau air tawar yang memiliki panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometrer dan kedalaman 505 metrer lebih. Danau ini terletak di tengah pulau Sumatera bagian utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter dan menjadikan danau ini yang terbesar di Indonesia sekaligus danau vulkanik terbesar di dunia.
Doc.Google: Kedalaman Danau Toba 2018
Diperkirakan Danau Toba terbentuk saat letusan supervolcano (Gunung Api Purba) sekitar 69.000-77.000 tahun yang lalu. Metode penanggalan terkini menetapkan bahwa 74.000 tahun yang lalu lebih akurat. 
Peristiwa ini menyebabkan kematian massal dan kepunahan pada beberapa spesies makhluk hidup. Menurut beberapa bukti DNA, letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu, yaitu sekitar 60 juta manusia. Letusan itu juga ikut menyebabkan terjadinya zaman es, walaupun para ahli masih memperdebatkannya. 

Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.
Tim peneliti multidisiplin internasional, yang dipimpin oleh Dr. Michael Petraglia, mengungkapkan dalam suatu konferensi pers di Oxford, Amerika Serikat bahwa telah ditemukan situs arkeologi baru yang cukup spektakuler oleh para ahli geologi di selatan dan utara India. 

Di situs itu terungkap bagaimana orang bertahan hidup, sebelum dan sesudah letusan gunung berapi (supervolcano) Toba pada 74.000 tahun yang lalu, dan bukti tentang adanya kehidupan di bawah timbunan abu Gunung Toba. 
Penyebaran debu gunung berapi Toba sangat luas, ditemukan hampir di seluruh dunia. Bahkan yang cukup mengejutkan, ternyata penyebaran debunya sampai terekam hingga ke Kutub Utara, karena ditemukan bukti bentuk molekul debu vulkanik yang sama di 2100 titik sampel penelitian. Hal ini membuktikan, betapa dahsyatnya letusan super gunung berapi Toba kala itu. 

Para ilmuwan sepakat bahwa letusan Toba memicu musim dingin vulkanik yang menyebabkan jatuhnya suhu dunia antara 3 to 5 °C (5,4 to 9,0 °F), dan hingga 15 °C (27 °F) di daerah lintang atas.

Refrensi:

{ [*] https://goo.gl/bEiKtX [*] https://goo.gl/b18Mnm [*] https://goo.gl/VBtmsN [*] https://goo.gl/8nwuhV [*] https://goo.gl/iLQc22 [*] https://goo.gl/HtYZ52 [*] https://goo.gl/MxbTUj [*] https://goo.gl/58yWrq [*] https://goo.gl/9g7iyD [*] https://goo.gl/JkLXFr [*] https://goo.gl/ueWtCd [*] https://goo.gl/KbJ5g3 [*] https://goo.gl/yDqmhJ [*] https://goo.gl/tsHvW8 [*] https://goo.gl/N6ZqRC [*] https://goo.gl/T7y9yC }.
Lokasi: Danau Toba, Sumatera Utara, Indonesia
Perbaikan Lokasi Air Terjun di video:
Yang benar adalah Air Terjun Sipiso-Piso BUKAN Spiso-Piso. Terima kasih.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *