Lautan pasir adalah andalan wisata dari gunung Bromo, di alam pegunungan yang sejuk, kita dapat melihat padang pasir dan rerumputan yang luas beserta ilalang yang berjejer sepanjang kaki gunung. 
Foto instagram: Debumalam
Sedangkan yang paling ditunggu dari gunung bromo adalah sightview ketika matahari terbit dan terbenam karena memang akan kelihatan jelas sekali dan sangat indah. Walaupun perjalanan ke Bromo sangat berdebu, tetapi tidak terasa, karena keindahan yang disuguhkan benar-benar luar biasa.
Foto instagram: Didin_Emelu
Berlibur menuju bromo dapat dibilang praktis bila anda menyukai tipe traveller dan melalui jalur pintu utara. Anda dapat melakukan kunjungan dalam jangka waktu 12 jam saja. tentunya bila sahabat memulainya dari kota Surabaya, Malang, Jember dan sekitarnya. Perjalanan dapat dimulai dari jam 12 malam sehingga anda akan sampai sekitar pukul 2 – 3 pagi. 
Foto instagram: Osisam
Di mana anda dapat beristirahat dahulu sebelum melihat sunrise. Penjual makanan dan minuman di areal lautan pasir biasanya sudah buka menjelang pukul 3 pagi, sehingga anda sudah bisa bersiap – siap untuk melakukan pendakian melewati anak tangga puncak bromo yang terkenal itu. nikmatilah pemandangan sampai jam 9 pagi dan anda pun dapat kembali sampai di kota keberangkatan anda sekitar 12 siang. Sebagai catatan, apabila sahabat melakukan perjalanan diareal lautan pasir ditengah kegelapan malam, sebagai patokan menuju areal parkir sekitar Pura anda dapat melihat patok dari beton yang sengaja diberikan sebagai penunjuk menuju areal pura. 
Foto instagram: Fisiklemah
Dan apabila sahabat tersesat jangan panik dan meneruskan perjalanan ( apalagi ditengah kabut tebal ), tunggulah karena biasanya mulai jam 2 – 3 pagi beberapa penunggang kuda sewaan melintas diarea lautan pasir. Selamat Berkunjung.
Referensi foto: instagram/@debumalam@alyshafirantiane, @didin_emelu @zaainul, @osisam @tiikaatikoo, @fisiklemah@sudhirpa, https://goo.gl/A3wCja
Lokasi: Savana Bromo – Taman Nasional Gunung Bromo, (Pasuruan, Malang, Lumajang, Probolinggo), Jawa Timur, Indonesia

One thought on “Padang Ilalang Savana Gunung Bromo Menghipnotis Pengunjung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *