Jurassic Park versi Java di Sukabumi, dari ketinggian akan terlihat 3 curug sekaligus dengan pesona yang luar biasa indah. Perlu sahabat ketahui bahwa Taman Nasional Ciletuh-Palabuhanratu juga merupakan Geopark Nasional Indonesia yang telah diakui UNESCO pada tahun 2015 silam dan saat ini Geopark Nasional Palabuhanratu sedang diusulkan menjadi Geopark Internasional atau Global Geopark Network (GGN) UNESCO. 
Banyak hal yang dilakukan pemerintah untuk menjadikan Ciletuh sebagai kawasan terpadu. Misalnya seperti pemberdayaan masyarakat lokal, pengembangan desa binaan, pengembangan geowisata, pengembangan homestay, dan sebagainya.

Kepala Divisi Pengelolaan Lingkungan dan Sosial Bio Farma, R. Herry, mengatakan, terkait penetapan tersebut, Bio Farma telah menerima apresiasi dalam bentuk surat resmi dari Global Geoparks Network (GGN). Surat itu ditandatangani Guy Martini selaku Sekjen GGN yang berkantor pusat di Paris.
Pihak Bio Farma terus memantau perkembangannya hingga sidang akhir nanti. Mereka juga melakukan pendampingan proses pengajuan dan evaluasi Global Geoparks Network, serta pengembangan bersinergi dengan komunitas lokal.
Semoga suatu saat terwujud ya, agar Geopark ini semakin diperhatikan dan tetap lestari. Amiin.
Referensi/Instagram: @dikikhaerudin@ardi.basso@rian_hadisetiawan @tafakkur.idn@adetirta1997 | @bappedajabar
Location: View Curug Sodong, Curug Cikanteh, Curug Ngelay, Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *