Tahukah sahabat di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) sekaligus telah menjadi situs warisan UNESCO ini ada danau yang super indah super biru super alami dan super super banget dah pokoknya, di sebut Danau Kaco (Kaca) karena kejernihannya, saking jernihnya hingga menyerupai kaca. Apa lagi saat matahari tepat jatuh di permukaan danau, Akan lebih jernih dan super biru. Nah fakta menarik lainya ketika malam hari dan bulan sedang terang, danau kaco akan terang (Bercahya) karena efek dari pantulan sinar bulan dan lebih mantep rasanya kalo ngcamp di sini.

Mitos & Legenda:
Menurut kepercayaan warga setempat, cahaya yang dikeluarkan dari dasar Danau Kaco merupakan cahaya intan yang tersimpan di dasar air. Intan tersebut disimpan oleh Raja Gagak, yang berkuasa pada saat itu. Menurut sesepuh desa, intan yang disimpan Raja Gagak di dasar Danau Kaco adalah intan titipan yang merupakan ikatan janji pangeran-pangeran yang ingin melawar putri Raja Gagak yang bernama Putri Napal Melintang. 
Semua lamaran anak raja yang di Kerinci diterima oleh Raja Gagak, akhirnya dia kebingungan ingin nerima pelamar yang mana. Putri Nepal Melintang sendiri dikenal dengan wajah yang sangat cantik sehingga ia disukai oleh pemuda yang ada pada zaman itu. Bahkan karena kecantikannya ia disukai oleh ayahnya sendiri. Raja Gagak membawa lari putrinya beserta perhiasan Intannya yang dititipkan oleh pengeran sebagai tanda janji. Konon intan yang dibawa lari oleh Raja Gagak disimpan di dasar Danau Kaco. 
Sampai saat ini warga Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya masih mempercayai bahwa intan tersebut masih tersimpan di dasar danau. Apapun itu yang jelas Danau Kaco merupakan situs warisan dunia yang perlu kita semua nikmati, jaga dan lestarikan.
Biaya masuk lokasi:
Biaya masuk Rp.10.000/Orang dan parkir Motor Rp.15.000. Jarak tempuh jalan kaki menuju danau ini bisa memakan waktu 2-3 Jam.

🌐IF Region: @indoflashlightSumatera @indoflashlightAceh 📱Refrensi: [1] (@hendisyahputra) – Instagram & Youtube (https://www.youtube.com/watch?v=qECe_…) [2] Wild Sumatra (https://www.youtube.com/watch?v=oxgk-…) [3] Irwan Consultant (https://www.youtube.com/watch?v=G9rOa…, https://www.youtube.com/watch?v=qBcps…) 📍Location: Danau Kaco, Lempur, Jambi, Indonesia 🇮🇩 | #indoflashlight #kemenpar #danaukaco #situswarisanUNESCO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *